Kejuaraan Voli Pantai Nasional Seri I Digelar di Gunungkidul

  • Share
Lapangan Bola Voli Pantai Di Sepanjang. (Foto: GKpost)

Gunungkidulpost.com – TANJUNGSARI – Gunungkidul kembali ditunjuk manjadi tuan rumah diajang voli pantai tingkat nasional. Nantinya, pelaksanaan voli pantai tersebut akan berlangsung di Pantai Sepanjang Kelurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari pada 22-26 Juni mendatang.

Ketua Panitia Pelaksanaan kejuaraan, Danang Anggoro mengatakan, kejuaan bola voli pantai nasional akan diselenggarakan dalam empat seri. Untuk seri pembuka diselenggarakan di Pantai Sepanjang mulai 22-26 Juni. Total hingga sekarang ada 40 tim putra putri dari 15 provinsi akan berpartisipasi dalam kejuaraan ini.

“Pantai Sepanjang [Gunungkidul] menjadi pembuka. Untuk tiga seri lainnya diseenggarakan di Pacitan, Bali dan Jakarta,” kata Danang kepada wartawan, Rabu (15/6/2022).

Dia menjelaskan, untuk kejuaraan ada empat kategori. Yakni empat lawan emat putra putri dan dua melawan dua putra putri.

“Targetnya hanya 32 tim, tapi dikarenakan pendaftar membludak maka akan ada sesi kualifikasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, persiapan arena kejuaraan bola voli pantai seri nasional terus dilakukan. Untuk lapangan yang disediakan ada empat tempat dan menggunakan bekas lapangan yang dulu dipergunakan untuk turnamen bola voli pantai tingkat Asia Pasific di 2015 lalu.

Selain penyiapan lapangan, panitia juga membuat tribun terbuka untuk penonton. Adapun pembangunannya sudah selesai dan diperkirakan dapat menampung sebanyak 450 penonton.

“Masih dipersiapkan, termasuk akses keluar masuk pantai juga diperbaiki,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul M Arif Aldian menjelaskan sport tourism menjadi salah satu strategi menggaet wisatawan untuk ke Gunungkidul. Apalagi saat ini pemerintah sudah memberi kelonggaran aturan dalam beraktivitas.

“Karena melihat alam dan objek wisata di Gunungkidul mendukung khususnya di pantai, saat ini kami fokus ke sport tourism. Seperti voli pantai tingkat nasional di Pantai Sepanjang, sepakbola pantai hingga surfing sudah kami siapkan” kata Arif.

Menurutnya, sport tourism memiliki segmentasi khusus dan mampu mendulang kunjungan wisata ke Gunungkidul. Apalagi sport tourism di Gunungkidul masuk tingkat nasional dan akan menjadi tujuan penikmat olahraga dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Dan event sport tourism seperti voli pantai tingkat nasional ini bertepatan dengan hari libur sekolah. Sehingga semakin otomatis akan meningkatkan kunjungan wisata,” pungkasnya. (Byu)

  • Share
Exit mobile version