Kesal Dengan Ulah Wisatawan, Warga Kemadang Gelar Aksi Pungut Sampah

138 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Sampah yang tercecer di sepanjang jalan jalur menuju Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul mendorong masyarakat Desa Kemadang untuk melakukan aksi pungut sampah,Jumat,(12/7/2019).

Kepedulian warga terhadap kebersihan lingkungannya, terutama terkait persoalan sampah mulai muncul setelah salah seorang penggagas kegiatan, Dora Ambarwati mengajak 100 warga lainnya untuk bersama-sama terjun kejalanan untuk bergotong-royong memungut sampah.

“Jalan menuju kawasan pantai dipenuhi sampah dari wisatawan,pedagang dan juga masyarakat. Sebagian besar sampah plastik yang sulit diurai sehingga mengganggunya pemandangan,” kata Dora.

Dora menyampaikan, aksi pungut sampah dilakukan dengan menyisir di sepanjang jalan menuju pantai di Desa Kemadang sampai di sekitar pantai Baron.

“Kami berhasil mengumpulkan satu bak mobil penuh sampah,” ujarnya.

Dikatakan Dora,kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Sampah yang ada cukup banyak dan sangat mengganggu pemandangan,”ungkapnya.

Selanjutnya akan dipasang plakat untuk mencegah masyarakat,wisatawan maupun pedagang membuang sampah sembarangan.

Terkait aksi tersebut, Pemerintah Desa Kemadang menyambut baik apa yang dilakukan masyarakat. Harapannya masyarakat tetap rutin melaksanakan kegiatan tersebut dan tidak musiman.

“Kedepan akan kami coba berkoordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten terkait pendirian bank sampah agar masyarakat bisa memanfaatkan menjadi hal yang positif,” kata Sekretaris Desa Kemadang, Suminto. (Santi)

Related Post