Ketua DPRD Ajak Belanja Di “Warung Tonggo”

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, SE mengajak masyarakat untuk membangkitkan perekonomian dimulai dengan membeli kebutuhan harian dan lainnya di toko tetangga (Warung Tonggo). Hal tersebut perlu dilakukan oleh warga Gunungkidul untuk menggairah perekonomian daerah.

“Kalau sesama warga meramaikan dagangan masing masing, dengan saling membeli maka perputaran uang akan tetap berada di masyarakat. Kita kurangi belanja di mal, di luar Gunungkidul, di toko waralaba. termasuk online. Cari dulu dari Gunungkidul. Kita ramaikan toko-toko sebelah kita, tetangga kita melalui gerakan Blonjo Neng Warung Tonggo,” ajak politikus Partai PDI Pejuangan Gunungkidul saat ditemui Wartawan, Sabtu (28/8/2021) kemarin.

Endah beranggapan dengan berputarnya uang di lingkungan sendiri maka akan menggerakkan perekonomian yang sudah beberapa bulan ini berhenti. Membeli barang di Tetangga adalah salah satu wujud dari implementasi perekonomian rakyat.

“Beberapa orang ada yang masih gajian, Mereka belanjakan di tetangga. Akhirnya bisa jalan lagi Itu usahanya, belilah bahan baku ke tetangga di Gunungkidul ada proses produksi di situ, jalan lagi. Sampai kembali lagi muter begitu, maka geliat Itu terlihat,” ungkap Endah.

Dia menjelaskan bahwa perekonomian kembali bergerak dilihat dari bagaimana proses dan tingkat produktivitasnya. Karena proses produksi maka ada transaksinya. Menurutnya dengan melakukan beli barang ditetangga Itu adalah bagian dari membangun semangat Nasionalisme dan Pancasila dimulai dari lingkungan sekitar.

“Ayo bangkit perekonomian rakyat dan UMKM lokal. Dan sukseskan gerakan Blonjo Neng Warung Tonggo,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang warung kelontong di Wonosari, Jessica Trihastiwi mengaku dampak PPKM aktivitas perekonomian mati suri. Sehingga dengan adanya gerakan yang diluncurkan oleh Ketua DPRD ini pihaknya sangat mendukung untuk membangkitkan semangat pedagang kecil agar tetap bisa semangat berjualan.

“Warung kecil seperti kami ini sangat terpukul karena sepi pembeli. Nah kalau tidak tetangga yang membeli mau siapa lagi. Sehingga saya sangat mendukung program ketua DPRD ini dengan mengajak berbelanja di warung tetangga,” pungkasnya. (Tnt)

  • Share