Kini Disdukcapil Buka Layanan Online

93 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul mulai menerapkan Berbagai pelayanan mulai dari sidang di Pengadilan Negeri Wonosari hingga proses administrasi kependudukan (adminduk) secara online.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 terus dilakukan agar tidak semakin meluas.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarja, mengatakan Untuk proses pelayanan Disdukcapil menerbitkan pengumuman No.470/302 tentang Pelayanan Penerbitan Dokumen Kependudukan secara Daring Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona.

Hal itu dilakukan sesuai instruksi Bupati Gunungkidul, untuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Markus menjelaskan untuk layanan adminduk tak lagi dilakukan secara tatap muka. Sebagai contoh, untuk pelayanan pencatatan kelahiran mulai dari akta kelahiran, kartu keluarga hingga kartu identitas anak (KIA) dilakukan secara online melalui Whatsapp ke nomor 08112649092.

Hal yang sama juga berlaku untuk pelayanan akta kematian bisa diurus melalui nomor 08112649093.

“Untuk perubahan data kependudukan seperti KTP-el, kartu keluarga serta KIA bisa dilakukan melalui nomor 08112649097,” kata Markus, Kamis (26/3/2020) kemarin.

Menurut dia, pelayanan secara online sangat membantu masyarakat sekaligus dapat mengurangi potensi penyebaran virus.

“Kami ingin berpartisipasi dan mudah-mudahan pandemi bisa berlalu dan pelayanan kembali berjalan normal,” ujarnya.

Untuk layanan penerbitan dokumen kependudukan di kecamatan dikoordinasi oleh petugas registrasi di setiap desa. Nantinya, petugas memfasilitasi penerbitan dokumen yang ada di kecamatan.

“Jadi pelayanan dilakukan secara kolektif,” tutupnya. (Yup)

Related Post