Kisah Polisi ‘Nyentrik’ Bertahan Koleksi Mobil Kuno

676 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Mengoleksi mobil antik rupanya tak dapat dipisahkan dari kehidupan Gregorius Dawung Respati.

Ia memiliki mobil kuno berbagai merek dari era ’60-an hingga ’70-an di rumahnya.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, dirinya mulai menyukai mobil kuno lantaran orang tuanya pun sebagai salah seorang pecinta mobil kuno.

“Pada saat itu bapak punya mobil Jeep. Dari sinilah saya mulai menyukai mobil antik sejenis Jeep,” ujar Briptu Gregorius Dawung Respati yang merupakan anggota Sat Lantas Polres Gunungkidul.

Anggota Polisi kelahiran (23/5/1992) ini mengaku memperoleh mobil-mobil antik tersebut dari sejumlah daerah seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, serta Bali. Bahkan, ia kadang dibantu beberapa teman untuk berburu mobil kuno.

“Memilih mengoleksi mobil kuno karena mempunyai kepuasan dan nilai keindahan tersendiri,” kata anggota Polisi berpangkat Briptu.

Menurut Greg sapaan akrabnya, mobil kuno memiliki kelebihan dibanding mobil-mobil era ’90-an. Greg berpendapat mobil antik berbahan pelat yang sangat kuat bukanlah sebuah mobil berkategori pasaran.

“Ada tiga mobil kuno yang saya miliki. Mengoleksi mobil kuno ada keistimewaan tersendiri mulai dari bahan bodi, bentuk yang unik, hingga ketegori yang mobil yang bukan pasaran,” tutur Briptu Greg.

Saat ini dirinya mampu mengoleksi mobil kuno seperti mobil berjenis Hardtop, Jimny Jangkrik, dan Taft Kebo.

Baginya merawat mobil kuno ternyata tergolong mudah dan tak membuat ribet maupun mengganggu dalam menjalankan aktifitasnya sebagai anggota Polri.

“Siapa bilang ribet?Perawatan mobil kuno sangat mudah dan tidak ada yang repot jika dilakukan pengecekan secara rutin toh kesehariannya saya pergi bertugas ke kantor menggunakan mobil ini dan lancar-lancar saja,” bebernya.

Ia pun terus berusaha menggali ilmu dan informasi tentang cara merawat mobil yang dikoleksinya.

Dengan bergabung melalui komunitas Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) Yogyakarta membuat Briptu Greg bersemangat ingin mengembangkan koleksinya.

“Harapan kedepan bisa menambah koleksi mobil kuno, sehingga bisa mengembangkan hobi saya di dunia otomotif,” pungkasnya. (Bayu)

 

Related Post