Klaster Bertambah, Kasus Positif Covid-19 Di Gunungkidul Makin Meledak

  • Share
Ilustrasi net

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul mencatat adanya ledakan kasus baru COVID-19 pada Kamis (10/06/2021).

Per hari ini ada 86 kasus baru. Namun tidak ada tambahan meninggal dunia. Dinas Kesehatan (Dinkes) juga menyatakan ada sejumlah klaster baru dari ledakan kasus ini.
Klaster baru ini menyebar setidaknya di Kapanewon Panggang, Playen, dan Karangmojo.

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty menyampaikan bahwa hari ini pihaknya mencatat 86 kasus baru. Namun tidak ada tambahan meninggal dunia.

“Ini rekor baru, ada sejumlah klaster baru juga terbentuk,” kata Dewi sore ini.

Ia mengatakan klaster baru ini menyebar setidaknya di Kapanewon Panggang, Playen, dan Karangmojo.

Bahkan ia menyebut ada 5 pondok pesantren (ponpes) yang turut menyumbang klaster kasus.

Menurut Dewi, terdapat klaster hajatan dan keluarga di Panggang. Klaster hajatan berupa tunangan juga terbentuk di Karangmojo.

“Klaster baru ini sedang kami analisis, termasuk yang di ponpes,” jelasnya.

Mengingat jumlah kasusnya yang begitu banyak, Dewi mengatakan pihaknya belum bisa merinci ada berapa kasus di tiap klaster tersebut. Pasalnya, proses pendataan masih berlangsung hingga saat ini.

Ledakan kasus baru ini membuat angka kumulatif konfirmasi positif COVID-19 di Gunungkidul naik tajam menjadi 3.429 kasus. Sebanyak 391 pasien kini dalam perawatan serta isolasi mandiri (isoman).

“Angka meninggal dunia sampai hari ini 159 kasus, tidak ada penambahan baru,” ucap Dewi.

Gunungkidul mencatatkan sebanyak 2.879 kasus sudah sembuh dari COVID-19. Angka ini sudah termasuk dengan tambahan 15 pasien sembuh yang dilaporkan hari ini. (Red)

  • Share