Kodim 0730/Gunungkidul Gandeng Sejumlah Instansi Hadapi Siaga Bencana

  • Share

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Komando Distrik Militer (Kodim) 0730/Gunungkidul menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam pada Jumat (20/11/2020) lalu

Apel tersebut bertempat di halaman Markas Kodim 0730, Wonosari.

Setidaknya ada ratusan peserta dari puluhan instansi dan lembaga yang mengikuti apel yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB tersebut. Seluruhnya tampak mengenakan masker selama kegiatan berlangsung.

Dandim 0730/Gunungkidul Letkol Inf Noppy Laksana Armyanto menjelaskan apel ini menjadi bentuk sinergi antar sektor dalam mengantisipasi terjadinya bencana.

“Harapannya nanti saat terjadi bencana ada gerak cepat untuk penanganannya, secara terkoordinir,” kata Noppy.

Ia menganggap koordinasi lintas sektoral perlu dilakukan mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun sudah menyampaikan informasi tentang adanya fenomena La Nina di penghujung 2020.

Gunungkidul sendiri berpotensi mengalami banjir, dampak angin kencang, hingga tanah longsor saat musim penghujan. Noppy pun berharap ada partisipasi aktif dari seluruh elemen untuk meminimalisir resiko dampak bencana.

“Sinergi juga diperlukan agar seluruhnya bisa bergerak dalam satu komando saat penanganan bencana,” ujarnya.

Sejumlah unsur yang terlibat dalam Apel pagi ini antara lain Polres Gunungkidul, TRC BPBD, SAR, Tagana, hingga PMI. Termasuk pula perwakilan dari berbagai OPD di lingkungan Pemkab Gunungkidul, sejumlah organisasi kemasyarakatan, dan komunitas. (Tnt)

  • Share