KPU Beri Kesempatan Data Syarat Jalur Independen Masih Bisa Diubah

193 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bakal calon kepala daerah dari jalur independen masih diberikan kesempatan seluas-luasnya guna menyiapkan persyarakat untuk maju di panggung Pilkada Gunungkidul.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mengharapkan berkas tidak diserahkan di akhir batas waktu penyerahan syarat dukungan.

Anggota KPU Gunungkidul, Andang Nugroho, mengatakan penyerahan syarat dukungan untuk maju dari jalur independen baru dibuka mulai Rabu (19/2/2020). Meski demikian bakal calon pasangan sudah sibuk memasukkan data dukungan ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) milik KPU.

Meski ada proses submit atau penguncian terhadap bukti data dukungan, bakal calon masih bisa mengubah data yang dimiliki.

“Bisa meminta ke KPU untuk dibuka dengan tujuan untuk memperbarui data dukungan sesuai dengan kondisi terkini,” katanya, Selasa (18/2/2020) kemarin.

Andang mencontohkan proses pembukaan terhadap data yang telah dikunci pernah dilakukan oleh tim dari pasangan Anton Supriyadi-Suparno. Menurut dia, secara langsung tim meminta kepada KPU untuk membuka kembali agar bisa memperbaiki data yang dimiliki.

“Senin [17/2] kemarin pasangan Anton Supriyadi-Suparno meminta data yang telah dikunci dibuka kembali dengan harapan bisa memperbaiki. Kami mengizinkan untuk proses perbaikan data yang telah diinput,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, menambahkan untuk penyerahan syarat dukungan bagi bakal calon dari jalur independen KPU sudah mempersiapkan tim penerima, lokasi penyerahan hingga koordinasi dengan Bawaslu maupun aparat keamanan.

“Kami siap membuka penyerahan daftar dukungan sesuai dengan dalam tahapan,” ucapnya.

Hani mengimbau kepada pasangan untuk menyerahkan bukti dukungan di awal-awal penerimaan.

“Jangan mepet sehingga ada waktu untuk memperbaiki data yang kurang,” tutupnya. (yup)

Related Post