Kunjungi Korban Longsor, Komisi A DPRD DIY Tampung Aspirasi Warga

525 views
image

Komisi A DPRD DIY Mengunjungi Lokasi Tebing Longsor. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Ngawen – Komisi A DPRD DIY mengunjungi lokasi tebing longsor yang berada di Padukuhan Jentir, Desa Sambirejo, Ngawen, Kamis (9/3/2017).

Rombongan wakil rakyat tersebut selain melihat secara langsung kondisi tebing juga melakukan pendekatan kepada puluhan warga yang masih mengungsi di posko bencana untuk wacana relokasi.

Komisi A DRPD DIY, Sukarman mengatakan, kedatangan rombongan tersebut untuk melihat langsung kondisi tebing yang masih mengancam puluhan warga. Selain itu, ia pun melakukan pendekatan kepada 28 warga yang masih mengungsi di pos pengungsian.

“Ikut prihatin atas musibah bukit longsor, dan kedatangan kami untuk meninjau kondisi lokasi,” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Pihaknya menginginkan warga terdampak longsoran yang berjumlah 28 KK tersebut mau direlokasi ke tempat yang lebih aman. Sehingga tidak ada lagi musibah maut yang menimpa sepasang suami istri tersebut.

“Harapan kami supaya warga dapat direlokasi,” ucapnya.

Disinggung mengenai ijin penambangan disekitar lokasi tebing, pihaknya masih akan melakukan pembahasan melalui komisi A DPRD DIY.
“Soal perijinan tambang ini, masih akan kami bahas di komisi A,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Sambirejo,
Yuliasih Widiastuti mengaku, kejadian tebing longsor ini bukan murni bencana alam. Sehingga pihanya mengharapkan pemerintah dapat terjun langsung dalam musibah tersebut.

“Kami akan koordinasikan dengan Pemkab mengenai aspirasi warga yang menginginkan batu yang berada diatas tebing untuk segera dilongsorkan sehingga warga tidak terancam lagi,” ucap Yuliasih.

Ia berharap, kunjungan komisi A dapat  menindaklanjuti terkait kegiatan pertimbangan untuk ditinjau ulang. Selain itu kegiatan pertambangan segera dihentikan ada ada reklamasi paska longsor.

“Harapan kami kegiatan pertambangan ini segera ditinjau ulang ataupun sekalian ditutup saja,” tandasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post