Lahan Jati Milik Perhutani Jadi Langganan Kebakaran

213 views
 

Gunungkidulpost.com – Purwosari – Lahan jati di kawasan Alas Pucang Anom milik Perhutani jl Purwosari-Panggang, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari terbakar pada Jumat (28/9/2018) siang.

Kapolsek Purwosari AKP Budi Kustanto, S.H., menyampaikan, kebakaran diketahui pukul 10.45 WIB saat anggota Polsek Purwosari melakukan patroli. Mengetahui hal itu Polisi lantas berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, agar kebakaran tidak meluas.

“Lokasi kebakaran jauh dari sumber air, jadi kami berusaha padamkan api secara manual dengan alat seadanya. Alhamdulillah dapat kami atasi,” kata Kapolsek.

Kapolsek mengatakan, belum diketahui berapa luas lahan yang terbakar, namun sangat luas, sementara penyebab kebakaran masih dalam pendalaman pihak kepolisian.

“Saat petugas mengetahui kejadian tersebut, api sudah membesar, menjalar membakar rumput dan pepohonan kering di pinggir Alas,” ucapnya.

Dari catatan pihak kepolisian setempat, kebakaran ini sudah ketiga kalinya terjadi semenjak musim kemarau tahun ini. Namun dari pihak perhutani seolah kurang aktif, tidak ada upaya untuk mencegah maupun meningkatkan keamanan hutan.

“Mari bersama-sama menjaga kelestarian hutan. Kami pihak kepolisian selalu siap untuk bekerjasama, melakukan kegiatan patroli bersama agar kejadian serupa tidak terulang,” tuturnya.

Kapolsek menambahkan, meski lokasi kebakaran terletak jauh dari permukiman penduduk, namun jika api tidak segera dipadamkan, dikawatirkan bisa merambat dan mengancam ratusan hektare lahan milik perhutani dan masyarakat. Hal itu tentu menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Atas kejadian tersebut dihimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan terlebih pembakaran sampah di lahan kering.

Sejumlah upaya juga dilakukan Polsek Purwosari untuk mengantisipasi kejadian serupa. Di antaranya dengan memasang spanduk imbauan dan menyerukan masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan pertanian lainnya.

Kedepan, koordinasi dengan anggota Resort Polisi Hutan (RPH) Purwosari-Panggang akan digencarkan untuk melakukan patroli bersama untuk mencegah terulangnya kebakaran hutan di wilayah Kecamatan Purwosari.

“Sudah sering terjadi kebakaran dikawasan ini dan kami siap jika kedepannya dilibatkan dalam kegiatan patroli hutan sebagai wujud antisipasi sejak dini terbadap ancaman kebakaran,” pungkas dia. (Santi)

 

Related Post