Liburan Usai, Penyekatan Masih Tetap Berlanjut

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Mulai Senin (17/05/2021) ini, masa libur Lebaran 2021 telah resmi usai. Meski usai, namun Polres Gunungkidul masih tetap melakukan aktivitas penyekatan di sejumlah perbatasan.

Hal itu sesuai dengan instruksi dari Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri).

“Aktivitas penyekatan di perbatasan tetap berlanjut, termasuk di Gunungkidul,” kata Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Martinus Sakti kepada awak media.

Menurut Martinus, perpanjangan tersebut sesuai dengan instruksi dari Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri). Setelah giat Operasi Ketupat Progo, disambung dengan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD).

“KRYD ini berlaku pada 18 hingga 24 Mei mendatang. Adapun Operasi Ketupat Progo berlangsung sejak tanggal 6 Mei dan berakhir pada hari ini,” paparnya.

Martinus menuturkan, giat KRYD fokus pada aktivitas penyekatan terhadap kendaraan plat luar, angkutan umum, serta penumpang luar DIY.

Namun demikian, fokus kegiatan akan ditekankan pada kepatuhan protokol kesehatan (prokes).
Adapun para penumpang tersebut akan diperiksa di pos-pos yang sudah didirikan. Selain kelengkapan dokumen, mereka akan diperiksa dengan Rapid Antigen oleh petugas di Pos Pengamanan.

“Pemeriksaan dokumen-dokumen sesuai persyaratan tetap dilakukan, termasuk surat keterangan bebas COVID-19,” jelas Martinus.

Itu sebabnya, Martinus menyatakan pos-pos yang sudah didirikan belum akan dibongkar. Pembongkaran baru dilakukan jika giat KRYD ini selesai dilakukan pada 24 Mei nanti.

“Petugas juga tetap bersiaga 24 jam di pos-pos, termasuk patroli di jalur tikus,” ujarnya. (Red)

  • Share