Lima Wisatawan Pantai Sadranan Terseret Ombak Hingga 2 Kilometer

1008 views
image

Lima Korban Laka Laut Berhasil Dievakuasi Oleh Petugas SAR. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Tepus – Ganasnya ombak di Pantai Selatan Gunungkidul kembali terjadi. Kini sebanyak lima wisatawan Pantai Sadranan tenggelam hingga sejauh 2 kolimeter atau sampai kawasan Pantai Ngandong Desa Tepus Kecamatan Tepus, Jumat (28/4/2017).

Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com, korban tersebut akhirnya dapat diselamatkan oleh tim SAR. Kelima orang tersebut meliputi Riyan Basri (21) warga Bengkulu Utara, Muh Halmi Santosa (17) warga Ngaglik, Sleman, Bazar Arafil (10) warga Bengkulu Utara, Muh Hanafi (16) warga Kendal, Jawa Tengah dan Musar Rofatoni (16) warga Ngaglik Kabupaten Sleman.

Salah satu anggota tim SAR Pantai Ngandong, Eko Suristiawan, mengatakan, peristiwa yang sempat menggemparkan para wisatawan ini berawal ketika para korban bermain air di Pantai Sadranan wilayah Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus. Besarnya ombak akhirnya kelima korban tersebut tersapu hingga 2 kilometer lebih.

“Korban bermain air di pinggir pantai, menggunakan ban. Namun, tiba-tiba ombak besar datang dan langsung menggulung para kelima korban ini,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Menurutnya, para korban tidak sempat menyelamatkan diri lantaran besarnya gelombang yang datang menggulung tubuhnya.
Ratusan wisatawan yang memadati kawasan pantai, langsung berteriak histeris guna meminta pertolongan.

Beberapa anggota tim SAR langsung bergerrak cepat untuk menyelamatkan para korban. Namun upaya pertolongan ini juga tidak mudah, karena ombaknya cukup besar dan menyulitkan upaya penyelamatan.

“Evakuasi korban terkendala gelombang tinggi yang melanda kawasan Pantai Sadranan hingga membuat korban terseret sejauh 2 km menuju arah timur, tepatnya di kawasan Pantai Ngandong,” ucapnya.

Saat ditemukan kondisi korban sudah tenggelam dan pingsan. Beberapa diantaranya korban mengalami luka karena terbentur batu karang. Dan kini semua korban tengeh mendapatkan perawatan oleh tim medis.

“Beruntung kondisi korban semakin membaik,” pungkasnya.

Terpisah, Sekertaris Satlinmas wilayah II Gunungkidul, Surisdianto mengaku kondisi ombak dalam pekan ini, tidak menentu. Pihaknya pun selalu memberikan himbauan kepada wisatawan yang datang di pantai selatan.

“Obak kadang landai namun sering juga mengganas. Dan kami selalu memberikan himbauan kepada semua wisatawan yang berkunjung di semua kawasan pantai selatan,” tuturnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post