Lima Wisatawan Terseret Ombak, Bagini Kondisinya

148 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Pada H+4 libur Lebaran 1440 H ini, Minggu,(9/6/2019) selain disibukan dengan wisatawan yang terkena sengatan ubur-ubur, tim Search And Rescue (SAR) Wilayah Operasi II Gunungkidul juga telah menyelamatkan lima orang yang terseret ombak di beberapa pantai di Kecamatan Tanjungsari.

Menurut data yang terangkum,kecelakaan laut pertama kami terjadi pukul 11.30 WIB di Pantai Drini, Desa Banjarejo, kecamatan Tanjungsari. Dalam kecelakaan laut kali ini, Yatia Nabila (17) wisatawan asal Boyolali, Jawa Tengah menjadi korban dan harus mendapat perawatan dari petugas SAR setempat.

“Korban terseret ombak saat bermain air dan mengalami cidera pada jari kakinya. Keadaan kembali membaik setelah petugas SAR memberikan pertolongan dan perawatan,” terang Surisdiyanto, Sekretaris Satlinmas Wilayah Operasi II Pantai Baron.

Masih di obyek wisata yang sama, di Pantai Drini kecelakaan laut kembali terjadi pukul 13.45 WIB. Kali ini Haris Abdurahman Alvanza (16) wisatawan lokal asal Kecamatan Nglipar menjadi korban.

Korban yang sedang bermain air dijalur kapal tiba-tiba terhantam ombak besar hingga tubuhnya terhempas dan membentur mesin kapal yang kebetulan melintas saat hendak mendarat.

“Abkibat kecelakaan ini, korban mengalami pusing dan menderita luka pada bagian kepala dan telinga. Karena luka cukup serius,korban langsung dibawa ke klinik untuk mendapat perawatan medis,” terang Suris.

Tidak selang lama, di Pantai Watu Kodok, Desa Kemadang,Kecamatan Tanjungsari, kecelakaan laut juga terjadi, tepatnya pukul 14.00 WIB. Endah Prastyo (16) wisatawan asal Sleman,Yogyakarta pun menjadi korban ganasnya ombak pantai selatan.

Korban yang sedang bermain air tiba-tiba terhempas ombak hingga membentur batu karang. Atas kejadian ini,korban menderita cidera pada lutut kaki kirinya.

“Korban langsung kami evakuasi dan kami berikan perawatan. Namun karena kondisi kaki tidak kunjung membaik,kami lantas membawanya ketukang urut,” kata Suris.

Sementara di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari tepatnya pukul 15.45 WIB, kecelakaan laut menimpa kakak beradik,Tikno (37) dan Ipan (33) wisatawan asal Boyolali, Jawa Tengah.

“Keduanya terseret ombak hingga mengalami lemas dan syok,” jelasnya.

Suris menceritakan, kejadian bermula saat Ipan terseret ombak dan Tikno bermaksud untuk menolong. Namun karena arus cukup kuat mengarah keselatan,Tikno akhirnya ikut terseret ombak.

“Petugas langsung menolong korban dengan tiga perahu milik nelayan. Korban langsung kami bawa ke pos untuk diberikan perawatan,”tutupnya. (Santi)

Related Post