Lowongan CPNS Segera Dibuka, Ini Tanggapan BKPPD Gunungkidul

699 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) menyampaikan bahwa ditahun 2018 akan dibuka 120 ribu lowongan CPNS yang dilakukan berdasarkan hitungan jumlah PNS yang telah pensiun.
Menanggapi hal ini, Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPPD) Gunungkidul langsung merespon dengan menyusun informasi dengan sistem yang dibangun oleh Menpan- RB.

Kepala BKPPD Gunungkidul Sigit Purwanto menyampaikan, informasi tersebut mendasar pada analisis jabatan dan analisis tempat kerja, dari situ bisa diketahui berapa jumlah yang dibutuhkan calon CPNS untuk Kabupaten Gunungkidul.

“Dengan perhitungan jumlah kebutuhan pegawainya berapa, dengan kualitas seperti apa, dari situ akan muncul jumlah yang nantinya akan segera disusulkan ke Menpan -RB untuk pencalonan CPNS,” jelas Sigit kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (9/1/2018).

Untuh kepastian jumlahnya, BKPPD mengaku belum memperoleh jumlah yang pasti karena baru tahap penghitungan. Di Gunungkidul sendiri, tenaga pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan saai ini dinilai masih kurang, sehingga dua OPD ini akan menjadi priorotas untuk disusun formasi kebutuhan.

“Untuk CPNS sendiri yang diambil entah itu dari honorer, THL, maupun umun, nanti akan ada mekanisme seleksi, namun memang belum dibuka lowongan karena baru tahap perhitungan kebutuhan sampai akhir Januari 2018 ini, informasi selanjutnya masih menunggu Menpan – RB” jelasnya.

Berbicara soal jumlah tenaga honorer di Kabupaten Gunungkidul, untuk jumlah Sigit mengaku belum ada data konkrit, data masih ada di masing-masing OPD. Sementara untuk gaji para tenaga honorer sampai saat ini sudah mendekati bahkan melebihi UMR di Gunungkidul.

“Untuk jumlah gaji setiap tenaga honorer memang tidak sama, mengenai hal ini silahkan konfirmasi ke BKAD,” ucapnya.

Sigit menyampaikan bahwa, jumlah gaji honorer ada yang diambilkan dari APBD, namun ada juga yang diambil dari iuran masing-masing unit kerja. Dari situlah jumlah gaji masing-masing honorer berbeda. (Santi)

 

Related Post