LPJU Tenaga Surya Di Panjatan Lenyap Disikat Maling

151 views

Gunungkidulpost.com – Kulonprogo – Perangkat lampu penerangan jalan umum (LPJU) tenaga surya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kabupaten Kulonprogo, DIY hilang digondol pencuri.

Perangkat yang hilang berupa aki kering dan panel tenaga surya yang ada di bagian atas sehingga memaksa lampu tersebut padam dan tak berfungsi.

Bantuan LPJU ini sudah terpasang di sejumlah titik di Kulonprogo pada November 2019. Salah satunya di Kalurahan Krembangan, Kapanewon Panjatan, ada lima titik yang dipasangi LPJU.

Satu perangkat Lampu penerangan jalan umum (LPJU) tenaga surya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Panjatan Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, hilang diembat pencuri.

Perangkat yang hilang berupa satu box baterai berupa aki kering dan panel kaca tenaga surya. 

LPJU tenaga surya ini merupakan bantuan dari Kementrian ESDM atas aspirasi anggota DPR RI Gandung Pardiman.

Ada 300 unit LPJU tenaga surya aspirasi dari anggota DPR RI Gandung Pardiman yang terpasang di beberapa lokasi di kabupaten Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul. Dari jumlah tersebut tiga diantaranya di pasang di Desa Krembangan Panjatan Kulonprogo Yogyakarta pada bulan Juli 2019 lalu.

Sunardi, warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi LPJU, Kamis,( 13/2/2020) mengatakan lokasi pemasangan sendiri berada di lokasi jalan desa yang strategis, namun jauh dari akses jaringan listrik PLN.

Keberadaan LPJU ini pun dirasakan sangat penting untuk penerangan. Namun sayang baru beberapa bulan LPJU dipasang, salah satu LPJU mati karena perangkat LPJu dicuri orang tak bertanggung jawab. Adapun perangkat yang hilang adalah box baterei atau aki kering dan kaca panel surya.

“Saat ini hanya tinggal tiangnya saja. LPJU ini sangat bermanfaat, sayang ada orang jahat yang mencuri,” jelasnya.

Kemungkinan pelaku sudah tahu betul tentang LPJU tenaga surya serta telah mempelajari lokasi. Menurut salah satu warga yang tidak mau disebut namanya, pencurian dilakukan pada siang hari.

“Sudah tau betul kondisi lokasi,” tandasnya.

Terpisah, Anggota DPR RI Gandung Pardiman sangat menyayangkan hilangnya perangkat LPJU tenaga surya yang mengakibatkan lampu mati. Padahal lampu tersebut sangat bermanfaat karena lokasi LPJU TS tersebut jauh dari jangkauan jaringan listrik.

“Kami berharap pencurian ini dilaporkan ke polisi dan polisi segera bertindak,” tegasnya.

Gandung menghimbau kepada warga masyarakat yang berada tak jauh dari lokasi pemasangan LPJU tenaga surya untuk ikut mengawasi dan menjaga keberadaan alat yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat. (Red)

Related Post