Masuk Cagar Budaya Bangsal Sewokoprojo Miliki Wajah Baru

222 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Poyek Revitalisasi Bangsal Sewokoprojo di Dusun Purbosari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari hampir finish.

Berbagai upaya terus dilakukan demi pemenuhan target akhir tahun yang harus sudah selesai. Hingga saat ini memasuki tahap finishing, kontraktor terus menginstruksikan semua pegawai untuk lembur.

Kepala Disbud Gunungkidul, Agus Kamtono mengatakan upaya ini dilakukan dengan harapan bekas kantor pemerintahan ini masuk dalam situs cagar budaya.

Menurut Agus, revitalisasi Bangsal Sewokoprojo sudah dimulai sejak beberapa bulan yang lalu. Proses ini dilakukan dengan mengembalikan bentuk dan struktur bangunan seperti awal pembangunan.

Menurut dia, keberadaan bangsal sudah berubah dari bentuk asli, mulai dari penambahan bangunan, penggantian cat hingga pemasangan ornamen ukiran dari kayu jati.

“Ini dikembalikan sama seperti saat dibangun awal. Namun saya tekankan pergantian tidak mengubah struktur asli bangunan,” kata Agus, Sabtu (28/12/2019).

Dia menjelaskan di dalam revitalisasi tidak dilakukan secara sembarangan karena melibatkan tim ahli tentang cagar budaya. Diharapkan dengan pemugaran ini maka Bangsal Sekowoprojo dapat masuk dalam situs cagar budaya.

“Nantinya diajukan lagi tapi prosesnya menunggu revitalisasi selesai dilaksanakan,” kata mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Gunungkidul ini.

Rencananya, revitalisasi ditarget selesai akhir tahun ini. Meski demikian, target selesai di akhir tahun bukan berarti proses telah selesai karena Disbud telah mengajukan anggaran untuk revitalisasi lanjutan ke Pemda DIY. (Red)

Related Post