Matangkan Barisan, Bawaslu Gelar Rakor Kesiapan Pengawasan Pilkada

185 views

Gunungkidulpost.com РPlayen РPelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di Kabupaten Gunungkidul akan segera  dimulai.

Demi tercapainya kesiapan yang maksimal pada pengawasan Pilkada tersebut, Bawaslu Gunungkidul menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Pengawasan Pilkada Tahun 2020 yang berlangsung, di Gedung Serba Guna, Siyono, Playen, Rabu (22/1/2020).

Rakor dibuka oleh Ketua Bawaslu DIY,  dan dihadiri Ketua Bawaslu Gunungkidul, Bupati Gunungkidul Badingah, Ketua DPRD Endah Subekti Kuntariningsih, Kepolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan, Dandim 0730 GK Inf Nopy Laksana Armianto, dan jajaran Forkompinda.

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Ia Sumarsono mengatakan acara yang diikuti oleh seluruh komisioner dan perwakilan dari seluruh Bawascam serta Forkompinda ini dalam rangka menunjukkan kesiapan dari anggota Bawaslu dalam mengawasi proses pemilihan daerah yang akan digelar secara serentak pada 2020 mendatang.

“Dengan ditandai apel siaga ini merupakan kesiapan dari anggota Bawaslu yang akan mengawal dan mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan datang,” katanya.

Pihaknya meminta pada seluruh anggota untuk melaksanakan apa yang menjadi tugas dan kewajiban dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Termasuk mengawasi dari ASN yang harus netral serta kemungkinan terjadinya money politics.

“Kita sudah mulai siap melaksanakan fungsi pengawasan karena tahapan dari pilkada sudah mulai dilaksanakan,” terangnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengapresiasi kegiatan gelar kesiapan Pengawasan yang digelar oleh Bawaslu Gunungkidul. Endah berharap, dengan profesional isme Bawaslu ini akan semakin sukses penyelenggaraan Pilkada 2020.

“Mari kita wujudkan kedaulatan rakyat melalui Pesta Demokrasi di Pilkada Gunungkidul semoga netral dan berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Bupati Gunungkidul Badingah mendukung sepenuhnya Gelar Kesiapan Pengawasan pelaksanaan Pilkada 2020.
Hingga saat ini situasi politik sudah dirasakan oleh masyarakat Gunungkidul. Oleh sebab itu pihak-pihak tertentu wajiblah selalu mentaati peraturan yang berlaku.

“Kita berharap sikap dewasa akan terus diutamakan dalam rangka kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2020. Sehingga mampu memilih pemimping yang lebih baik untuk Gunungkidul,” ucapnya. (Yup)

Related Post