Mayjen TNI Joni Supriyanto Bantu Pompa Air Untuk Desa Bleberan

289 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Sebagai bentuk kepedulian TNI kepada warga khususnya petani, Mayjen TNI Joni Supriyanto memberikan bantuan pompa air Srigethuk lengkap dengan bak penampungan air berkapasitas 4000 liter untuk pertanian, penyediaan air bersih dan MCK, di Padukuhan Manggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen.

Cara kerja pompa ini menggunakan sistim Hidrolik sehingga tidak menggunakan listrik atau mesin diesel tapi hanya mengunakan tekanan air. Harapannya pompa ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi ladang ibadah semua pihak yang telah membantu.

Komandan Kodim 0730/Gunungkidul Letkol Inf Muh. Taufik Hanif Y . S.Sos menceritakan, pembangunan pompa air di Desa Manggoran berawal dengan adanya perintah dari Mayjen TNI Joni Supriyanto yang pada waktu itu menjabat Pangdam Jaya, untuk mencari titik air yang bisa diangkat untuk di bantukan kepada warga.

“Sayapun langsung mengecek beberapa lokasi di Gunungkidul yang memiliki sungai bawah tanah sekiranya berpotensi untuk bisa diangkat,salah satunya ya di Srigetuk ini, kebetulan warga mendukung, maka langsung di bangun,” terang Hanif saat menghadiri peresmian pompa air Srigetuk, Kamis, (21/2/2019).

Selain di Srigethuk, beberapa wilayah yang dicek diantaranya Goa Pule Jajar di Kecamatan Girisubo. Namun disana air sulit untuk diangkat. Selain itu Dandim juga mengecek di Goa Kalisuci,Kecamatan Semanu. Namun disana ada warga yang menolak karena dianggap mempengaruhi debet air diwilayah tersebut.

Dandim mengungkapkan, pembangunan pompa di Srigethuk ini merupakan yang terbaik di Indonesia baik dari segi ketinggian maupun tingkat kemiringan debit airnya.

“Ada empat pipa yang dipasang, yang nantinya dua pipa di gunakan untuk mengalirkan air ke masyarakat , dan dua pipa lainnya untuk pertanian dan kebun buah – buahan,” paparnya.

Dandim menambahkan, ada kebun buah durian, jeruk dan sirsat yang di tanam di Bukit Cemplok, Desa Bleberan, rencananya tempat ini akan di jadikan obyek wisata baru.

“Secara resmi pompa air ini kami serahkan kepada masyarakat, harap di kelola untuk kepentingan masyarakat. Ini bentuk kerja iklas dari jajaran TNI untuk masyarakat,” tutupnya. (Santi)

Related Post