Merakit Listrik Dengan Energi Matahari

375 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pasca gempa Yogyakarta pada 2006 silam, Muhamad Awab warga Dusun Ngemplak, Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, mencoba merakit listrik dengan energy matahari untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari.

“Saat ini tidak ada kabel listrik dari PLN dirumah saya,” katanya, Rabu, (22/8).

Dengan ide yang ia ciptakan, kini para tetangga di sekitarnyapun ikut merasakan manfaatnya. Ada kurang lebih sudah 15 KK yang turut menggunakan tenaga listrik matahari, bahkan lampu penerangan jalan di daerahnya juga menggunakan tenaga matahari.

Muhamad ingin, warga disekitarnya selain bisa menggunakan listrik dengan tenaga matahari, mereka juga bisa tau bagaimana cara memasang panel surya.

“Saya mencoba mengajari tetangga sekitar bagi yang ingin belajar membuat tenaga listrik dari matahari,” jelasnya.

Alat yang ia gunakan tergolong simpel, yaitu panel tenaga surya, aki motor maupun mobil, kontroller, dan inventer. Untuk biaya tergantung pemakai akan digunakan untuk apa, kalau hanya digunakan untuk lampu penerangan di kampung,rata-rata biaya pemasangan habis 2,5 hingga 3 juta rupiah.

“Biaya bisa ditekan karena menggunakan aki bekas pakai,” katanya.

Dwi Wartono, warga sekitar yang sudah mencoba menggunakan tenaga listrik tenaga matahari mengatakan, dengan menggunakan listrik bertenaga matahari bisa menghemat kurang lebih 50 ribu rupiah dalam satu bulan. Jika sebelumnya menggunakan listrik dari PLN perbulan habis 100 ribu rupiah, saat ini hanya membayar 50 ribu rupiah saja.

“Dengan menggunakan listrik tenaga matahari sekaligus melatih saya dan keluarga untuk berhemat, perangkat elektronik yang tidak digunakan, segera dicabut dari colokan listrik, supaya listrik tetap awet hingga pagi hari,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Suradi yang kesehariaanya berjualan siomay keliling. Ia merasa lebih hemad dengan menggunkan liatrik tenaga matahari. Ia sudah memasang sejak 2 tahun silam.

“Selain lebih murah, biaya perawatan juga tergolong mudah,” imbuhnya. (Santi)

Related Post