Merasa Mampu, Sejumlah Penerima PKH Mengundurkan Diri

168 views
 

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Sebanyak 80 warga Kecamatan Gedangsari mengundurkan diri sebagai penerima bantuan pemerintah mulai dari PKH hingga jenis bantuan lain lantaran mereka telah menyadari bahwa kondisi mereka saat ini yang telah masuk dalam kategori mandiri. Hal tersebut tentu mendapat respon positif dari berbagai pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

“Kami sangat mengapresiasi langkah mereka yang telah rela untuk melepaskan diri sebagai penerima bantuan. Sungguh luar biasa, kesadaran dan rasa prikemanusiaan mereka sangatlah tinggi,” ungkap Bupati Gunungkidul, Badingah, Selasa, (6/8/2019).

Bupati berharap, langkah ini akan menjadi contoh bagi masyarakat di kecamatan-kecamatan lain yang sekiranya keadaan ekonominya sudah mampu.

“Setelah ini pemerintah akan memproses kuota bantuan yang telah dikembalikan tersebut, selanjutnya akan dialokasikan kemasyarakat yang lebih membutuhkan,” terangnya.

Badingah menambahkan, deklarasi revolusi mental yang telah dilakuakan masyarakat Gedangsari ini akan membawa dampak yang besar bagi masyarakat Gunungkidul yang lain.

“Ini hanya gerakan kecil, tapi ini lambat laun akan mengubah mental masyarakat yang lain. Saya akan tularkan hal positif ini ke wilayah lain di Gunungkidul, ” tandasnya.

Sementara itu, Hartini salah satu warga di Padukuhan Bulu, Desa Hargomulyo yang turut mengundurkan diri sebagai penerima bantuan pemerintah mengungkapkan, dulu kondisinya memang masuk dalam kategori keluarga prasejahtera. Namun dengan adanya beberapa program pendampingan dan bantuan dari pemerintah ia berhasil memiliki usaha membuat keripik talas sebagai bahan dagangan hingga akhirnya terus berhasil dan mengembangkan usahanya dengan membuka warung di sekitar Polsek Gedangsari.

“Karena saya merasa sudah bisa mandiri, untuk itu saya mengundurkan diri dari peserta penerima bantuan. Saya justru malu, wong setiap hari saya bisa masak ikan mosok iya saya masih dapat bantuan,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini Ia sudah mampu untuk mencukupi kebutuhan keluarganya dari hasil dagang ditambah suaminya juga sehat dan mampu bekerja.

“Masih banyak diluar sana yang lebih membutuhkan bantuan dari pada saya,” imbuhnya. (Santi)

 

Related Post