Meski Level Turun, Pembukaan Wisata Di Gunungkidul Masih Menunggu Instruksi

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Secara resmi Pemerintah pusat telah menurunkan status PPKM aglomerasi DIY, dari yang sebelumnya Level 3 ke Level 2.

Penurunan status diberikan mengikuti perpanjangan PPKM mulai Selasa (19/10/2021) lalu.

Akan tetapi meski Level turun, namun pembukaan wisata rupanya belum dilakukan.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Harry Sukmono mengaku, meski terjadi penurunan level dari 3 ke level 2 namun pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah DIY maupun Bupati terkait pembukaan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul.

“Kami masih menunggu instruksi resmi dari gubernur hingga bupati,” kata Harry Sukmono, Rabu (19/10/2021) siang.

Harry menjelaskan, instruksi resmi tetap dibutuhkan untuk memastikan mana saja destinasi wisata yang boleh dibuka. Termasuk berbagai petunjuk teknis yang diperlukan untuk pelaksanaan Uji Coba Terbatas wisata.

Dirinya mengaku, sudah siap menyambut kembali wisatawan. Pasalnya, hampir seluruh destinasi wisata di Gunungkidul dinilai sudah memenuhi persyaratan.

“Sekitar 90 persen destinasi sudah terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi,” ujar Harry.

Selain PeduliLindungi, ia mengatakan sebagian destinasi sudah memiliki sertifikat CHSE. Adapun kedua hal ini menjadi syarat mutlak bagi destinasi wisata yang ingin dibuka kembali dengan Uji Coba Terbatas.

Harry mengatakan koordinasi masih terus dilakukan terkait PeduliLindungi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul. Termasuk memastikan protokol kesehatan (prokes) dijalankan dengan ketat di lokasi wisata.

“Skema tiap destinasi wisata kita siapkan hanya bisa diisi 25 persen pengunjung dari total kapasitas,” ungkapnya. (Ant)

  • Share
Exit mobile version