Meski Sebatas Hujan Ringan, Petani Gunungkidul Siap Kembali Ke Ladang

230 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pertama kali diguyur hujan dipertengahan tahun 2019 ini, membuat ribuan petani di Gunungkidul bersiap-siap untuk kembali mengolah lahan pertaniannya.

Hujan membuat tanah yang semula terlihat kering retak retak berubah menjadi gembur terkena air hujan sehingga mampu menutup retak retak pada permukaan ladang.

Pemantauan Gunungkidulpost.com, hujan dengan intensitas ringan mampu merata disebagian wilayah di Gunungkidul.

Walaupun tidak lama, namun curah hujan itu sudah bisa memberikan kegembiraan bagi para petani karena akan bersiap siap mulai menggarap ladang maupun sawahnya.

Warto, (50) salah seorang petani Semanu mengemukakan, biasanya seminggu setelah turun hujan para petani sibuk menggarap lahan pertaniannya memulai dengan membajak hingga menyebar benih.

“Ya sangat bersyukur sudah turun hujan meski hanya hujan ringan. Ini tandanya musim kemarau mulai berakhir dan kami pun siap untuk menggarap lahan pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang petani asal Rongkop Sumardi mengaku sejak kemarin kondisi cuaca mendung dan Minggu (25/8) malam gerimis. Namun ia tak akan gegabah pergi ke ladang.

Menurut dia, masih akan menunggu perkembangan intensitas hujan pada beberapa hari kedepan.

“Tanang saja dulu sambil menunggu curah hujan. Semoga hujan bisa berkelanjutan dan merata,” ucapnya. (Bayu)

Related Post