Momentum Libur Sekolah, Gunungkidul Suguhkan Liburan Menyenangkan

  • Share
Situasi Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. (Foto: ist)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Mometum libur panjang manjadi pilihan orang untuk berwisata. Tak lain adalah Gunungkidul yang menjadi incaran untuk menikmati wahana wisata alam yang memikat hati.

Selain pantai, wisata susur goa dan geliat belajar budidaya juga disuguhkan di bumi Handayani ini.

Oleh sebab itu, Dinas Pariwisata Gunungkidul menilai banyak tempat wisata di Gunungkidul mampu untuk mengisi hari libur sekolah.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan, momentum libur sekolah ini banyak tempat wisata di Gunungkidul yang cocok untuk disinggahi.
Dari berbagai macam obyek wisata panai, Gua, Desa wisata, Air terjun.

“Pantai selain pantai yang selama ini dikenal seperti Pulang sawal atau Indrayanti, Baron, Kukup. Masih banyak kawasan pantai yang bisa dikunjungi, apalagi karakter pantai di Gunungkidul beda satu dengan yang lain,” katanya.

Arif menyebut selain kawasan pantai juga gua bisa untuk belajar mengenai alam seperti gua pindul, gua rancang kencono, hingga gua kali suci, dan Jomblang.

Selain itu bentang alam seperti Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Ireng, Watu gendong, hingga situs Ngalang, bekas aliran bengawan solo purba bisa digunakan untuk belajar mengenai peristiwa masa lampau.

Untuk wisata sambil melihat budaya bisa dilakukan di beberapa desa wisata seperti di Desa wisata Nglanggeran, Desa wisata Tepus, Desa wisata Putat. Di sana bisa belajar mengenai seni karawitan selain bisa menikmati suasana alamnya.

“Wisatawan bisa melihat langsung sekaligus belajar mengenai pengolahan lidah buaya dan madu lanceng bisa berkunjung ke Desa Wisata Katongan,” kata Arif.

“Jika ingin liburan sekolahmu penuh pengalaman yang mengesankan dan tidak terlupakan berkunjung ke Gunungkidul,” kata dia.

Dia mengatakan, wisatawan untuk tidak perlu ragu karena destinasi wisata Gunungkidul telah bersertifikat CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Arif mengatakan, wisatawan yang ingin liburan sekolah diimbau untuk meninstal aplikasi PeduliLindungi, dan sudah menerima vaksin.

“Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi instagram @pariwisata_gunungkidul,” pungkasnya. (G1)

  • Share
Exit mobile version