Mulai Tahun Depan BPBD Tangani Logistik Droping Air

656 views

image

Ilustrasi. (Foto:Ist)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Mulai tahun 2017 mendatang penyaluran air bersih pada masyarakat yang sebelumnya dilakukan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi mulai ditangani oleh Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Gunungkidul.

Kasi logistik dan Kedaruratan BPBD Gunungkidul Sutaryono mengatakan, tahun 2017 pihaknya mulai mengurusi droping air. Untuk itu pihaknya mengajukan anggaran RP 700 juta.

“Mulai tahun 2017 kita akan menangani droping air. Dengan mengajukan anggaran sebanyak Rp 700 juta ini pihaknya meyakini droping air akan merata di beberapa titik rawan kekringan di Gunungkidul,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (5/12/2016).

Menurut Sutaryono, koordinasi ini juga menyangkut dengan aset mobil tangki yang selama ini dikelola dinsosnakertrans untuk melakukan droping air. Pihaknya tidak mempermasalahkan terkait penyaluran air kepada warga lantaran selama ini pihaknya juga sudah mengurusi tentang bencana.

“Terkait mobil tangki kita masih menunggu dari pimpinan. Pada sadarnya kami siap untuk mengelola semua kewenangan yang dilimpahkan kepada BPBD,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans)

Gunungkidul, Dwi Warna mengatakan, memang mulai tahun 2017 mendatang segala kewenangan mengenai droping air ke wilayah kekringan sudah ditangani oleh BPBD Gunungkidul. Pihaknya meyakini bahwa BPBD akan lebih solid dalam melakukan droping air lantaran sudah paham betul dengan kondisi di wilayah rawan bencana. 

“Ya mulai tahun depan semua logistik sudah ditangani oleh BPBD,” tandasnya. (Bayu)

Related Post