Nelayan Gunungkidul Belum Terdaftar Asuransi Keselamatan

280 views

Gunungkidulpost.com – Tenjungsari – Ratusan nelayan di Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul hingga saat ini belum terdaftar sabagai peserta asuransi jaminan keselamatan.

Hal itu diungkapkan oleh, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) wilayah Gunungkidul Rujimantoro bahwa hingga kini pemerintah belum mampu menyasar program asuransi keselamatan kerja kepada seluruh nelayan di Bumi Handayani.

Dia mengatakan nelayan di sisi barat pantai selatan Gunungkidul belum terdaftar sebagai peserta asuransi.

“Memang belum mampu mencover keseluruhan nelayan. Padahal asuransi keselamatan ini sangat diperlukan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat, (25/5/2017).

Sosialisasi ke kelompok nelayan perlu dilakukan, sebab menurutnya sebagian nelayan masih bingung untuk mengurus tata cara mendaftar asuransi.

Selain itu sebagian nelayan dinilai malas untuk mendaftar asuransi tersebut. Ia berharap, ke depan nelayan yang belum terdaftar di asuransi itu bisa segera diusulkan agar cepat dapat.

“Gencarkan penyuluhan, jika perlu ada jemput bola ke sini,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala seksi kenelayanan, Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul, Supriyono mengatakan dari total 1.300 nelayan Gunungkidul, yang terdata sebagai peserta asuransi keselamatan kerja sebanyak 1.131 orang.

“Sisanya yakni 169 masih dalam tahap proses. Selain itu data kami masih perlu diperbaharui sebab ada kemungkinan jumlah di lapangan yang belum masuk data lebih banyak,” bebernya.

Supriyono menambahkan, perubahan data jumlah nelayan dimungkinkan terjadi akibat majunya sektor wisata khususnya pantai. Sehingga membuat para nelayan memilih banting stir untuk menjadi pelaku wisata.

“Banyak nelayan pada beralih profesi jadi tukang parkir wisata, penjual makanan, aksesoris wisata dan lain sebagainya jadi butuh pembaruan data,” tutupnya. (G1)

Related Post