Nglanggeran Terima Penghargaan Asean CBT Award

715 views

Foto: Istimewa



Gunungkidulpost.com – Patuk – Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk akan menerima penghargaan di ASEAN CBT Award karena menjadi desa wisata terbaik di Indonesia. Tahun 2017 merupakan 1st ASEAN CBT Award yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan tourism forum 2017.

 

Pengelola Wisata Nglanggeran Sugeng Handoko mengatakan, sebelumnya Kementrian Pariwisata mengirimkan 3 desa yang terseleksi dari apresiasi usaha masyarakat di bidang pariwisata tahun 2016 sebagai desa yang dinilai berhasil menerapkan prinsip – prinsip pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat atau Community Based Tourism untuk menerima Award.

Ada tiga desa itu yakni Desa wisata Dieng Kulon, Banjarnegara Jateng dengan pengelola Alif  Faozi, Desa wisata Nglanggeran Gunungkidul Sugeng Handoko dan Desa wisata Panglipuran Bangli Bali dengan pengelola I Nengah Moneng. Menurutnya prestasi ini harus terus dijaga. “Hari ini saya berangkat ke Singapore untuk penghargaannya, Bali dan Dieng juga. Ini juga bersama – sama. Dan prestasi ini juga harus kita jaga,” katanya. Kamis (19/1/2017).

Sugeng menjelaskan, penilaian yang membuat desanya terpilih menjadi yang terbaik karena sesuai dengan CBT standart. Diantaranya kepemilikan dan pengelolaan oleh masyarakat. Memiliki kontribusi terhadap kesejahteraan sosial, juga menjaga dan meningkatkan lingkungan. Selain itu Mendorong partispasi interaktif antara masyarakat dan wisatawan. “Tiga desa yang terpilih itu yang terbaik, dan kita harus mempertahankan perestasi itu, untuk acara penghargaannya hari jum’at besok,” jelasnya. (Heri)

Related Post