Pamkab Siap Menindaklanjuti Rekomendasi UNESCO

170 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – UNESCO memberikan rekomendasi tujuh tempat untuk masuk kedalam jaringan Global Geopark. Oleh sebab itu, Pemkab Gunungkidul siap menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan pemkab secara prinsip siap menindaklanjuti catatan yang diberikan UNESCO. Menurut dia, di awal pemberian catatan hanya lima dan sekarang bertambah menjadi tujuh rekomendasi.

“Kami akan segera menindaklanjuti bersama tim Geopark Gunungsewu seperti promosi tingkat dunia,” katanya kepada wartawan, Kamis (20/2/2020).

Menurut dia, untuk tindaklanjut, pemkab juga akan berkoordinasi dengan Pacitan dan Wonogiri. Hary mengatakan, tindaklanjut ini penting untuk revalidasi yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali.

“Kia sudah dapat green card [status UGG Gunungsewu], jadi rekomendasinya harus dilaksanakan,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden Geopark Indonesia, Budi Martono mengatakan, Gunungsewu berhasil mempertahankan keanggotaan di UGG dalam simposium Asian Pasific Geopark Network (APGN) yang berlangsung di Geopark Rinjani, September 2019 lalu.

Mantan Sekda Gunungkidul ini mengatakan, status Green Card merupakan langkah awal untuk mengembangkan Geopark Gunungsewu yang lebih baik sesuai dengan konsep dari geopark. Terlebih lagi dari 33 site yang ada belum semuanya dikembangkan.

“Resminya akan diserahkan tahun ini,” katanya. Saya dengan teman-temannya menegaskan bahwa bagaimana pengelolaan Geopark Gunungsewu secara berkelanjutan,” tutupnya. (Red)

Related Post