Pantai Krakal Segera Miliki Tempat Parkir Baru

319 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Tidak seperti tahun-tahun yang lalu,
Pantai Krakal yang terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, bakal memiliki tempat parkir baru yang representatif.

Tempat parkir dibangun dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 4,7 miliar. Selain itu, anggaran itu juga digunakan untuk pembangunan tempat ibadah dan penataan pedagang.

“Penataan telah dimulai sejak tahun 2018 lalu,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Sri Suhartanta, Minggu,(24/2/2019).

Sri Suhartanta menuturkan, penataan Pantai Krakal diteruskan menurut pemilahan sumber dana. Ia menjelaskan DAK bidang pariwisata yang diusulkannya ke Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sejumlah Rp40 miliar tetapi tahun ini dana yang turun hanya Rp 6,5 miliar.

“Usulan bantuan anggaran Kemenpar sebesar 40 miliar tidak bisa digelontorkan begitu saja dalam satu tahun anggaran. Pasalnya, penyerahan dana harus dilakukan secara bertahap,”terangnya.

Dikatakan Suhartanta, semua harus mengikuti prosedurnya, yang penting DAK fokus pada satu lokasi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan pembuatan tempat parkir baru di Pantai Krakal merupakan bagian dari unsur pariwisata yaitu amenitas. Pembuatan tempat parkir sudah masuk dalam detail engineering design (DED).

“Pembangunan tempat parkir sangat dibutuhkan agar Pantai Krakal terlihat lebih rapi,” ujarnya. (Santi)

Related Post