PDAM Klaim Pembongkaran Pipa Proyek Gading Tak Ganggu Pelanggan

226 views
 

Gunungkidulpost.com – Playen – Dibongkarnya pipa saluran air untuk pelebaran jalan di Desa Gading, Kecamatan Playen tidak akan terlalu mengganggu distribusi air kepada pelanggan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Gunungkidul, Isnawan Fibrianto, Rabu,(5/9/2018).

“Kami telah mengantisipasi macetnya distribusi air dengan melakukan relokasi pipa sementara sepanjang 2 km dari jalur utama ke jalur lain,” kata Isnawan.

Isnawan mengatakan, untuk distribusi air ke wilayah Gading, pihaknya akan mengaktifkan kembali sumur bor di Wero, Gading.

Sementara untuk pelanggan di wilayah Karangtengah, Piyaman, Kalidadap, Jatirejo dan sekitarnya supply air memakai sumur bur Ledoksari.

Meski demikian, kemungkinan macetnya distribusi air tetap bisa terjadi. Namun, pihak PDAM memastikan jangka waktunya tidak lebih dari satu minggu, kecuali kalau ada insiden seperti pipa rusak karena proyek pelebaran jalan dan lain-lain kemungkinan macet maksimal satu minggu.

Pelebaran jalan di Desa Gading, Playen merupakan bagian dari proyek pembangunan jalur alternatif Gading – Ngalang, Kecamatan Gedangsari yang diprediksi sejauh 2 km dan akan memakan waktu sekitar dua bulan.

Sebelumnya, Kepala DPUPR Gunungkidul Eddy Praptono mengatakan tujuan pembangunan jalur alternatif Ngalang-Gading untuk mengurai kemacetan. Rencannya jalur tersebut menyambung ke Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Namun hingga saat ini belum dapat tersambung. Seperti dari pantai Baron ke Barat yang terputus di Girisekar-Legundi.

“Proses pembebasan lahan diperkirakan sepanjang 5 kilometer,” tutupnya. (Santi)

 

Related Post