Pemasangan APK Banyak Yang Melanggar Aturan, Petugas Siapkan Tanda Khusus

260 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Alat Peraga Kampanye (APK) hingga pengamanan Pemilu 2019 mulai menjadi perhatian khusus bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul.

Oleh sebab itu, petugas mulai melakukan penertiban secara ketat.

Komisioner bidang penanganan pelanggaran, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Sudarmanto mengungkapkan meski beberapa waktu yang lalu telah dilakukan penertiban APK, namun selang beberapa waktu kembali muncul APK yang melanggar, hingga saat ini.

“Dulu sudah ditertibkan, tapi mulai muncul lagi yang melanggar. Untuk jumlahnya masih kita inventarisir. Penindakan belum ada jadwal, serempak nanti namun ada prosedurnya,” ujar Sudarmanto, Jumat (4/1/2019).

Dijelaskannya prosedur untuk penindakan tersebut nantinya Parpol akan diberi surat pemberitahuan dan diberikan waktu untuk penertiban secara mandiri. Jika dalam batas waktu yang diberikan tidak ada tindaklanjut oleh partai, akan ditindak oleh Bawaslu dan instansi terkait lainnya.

“Nantinya APK yang kedapatan melanggar aturan tersebut akan diberi tanda oleh Bawaslu Gunungkidul,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Polisi Daerah (Kapolda) DIY, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Ahmad Dofiri mengungkapkan jelang Pemilu berbagai kesiapan telah dilakukan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Memang ada gawean besar yaitu Pemilu tahun ini. Tugas pengamanan Pemilu menjaga situasi Kamtibmas [Keamanan dan ketertiban masyarakat] kami bahu membahu,” ujar Dofiri.

Ia menghimbau masyarakat agar tidak mudah terpancing emosi, dan saling berhadap-hadapan.

“Pilihan boleh berbeda, namun kita semua sama. Hadapi Pemilu ini dengan kepala dingin, sifat jernih dan bukan emosional yang dikedepankan,” tutupnya. (Bayu)

Related Post