Pemasangan APK Dan Laporan Keuangan Parpol Jadi Perhatian Khusus

170 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, menyoroti Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dan pelaporan dana kampanye jelang masuk masa kampanye Pemilu 2019 mendatang.

Oleh sebab itu, KPU mulai mensosialisasikan terkait aturan kampanye dan dana kampanye agar tidak terjadi kesalahan.

“Untuk itu kami mengadakan sosialisasi terkait aturan kampanye,” kata Ketua KPU Gunungkidul, Moh. Zaenuri Ikhsan, Sabtu (15/9/2018).

Pihaknya akan menyediakan fasilitasi berupa menyiapkan tempat-tempat yang bisa dilakukan kampanye termasuk pemasangan alat peraga.

Sementara itu terkait dana kampanye sendiri, Zaenuri mengatakan hal tersebut cukup krusial. Ia menegaskan kepada Parpol untuk melaporkan dana kampanye tersebut, jika tidak melakukan bisa dibatalkan sebagai peserta Pemilu.

Untuk sumber dana sendiri diperbolehkan perorangan, maupun kelompok atau badan usaha dengan batasan tertentu. Untuk perorangan maksimal Rp2,5 Miliar sementara untuk badan usaha Rp25 Miliar.

“Pelaporan keuangan juga menjadi sangat penting sehingga dana kampanye parpol akan lebih transparan,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengatakan dalam menghadapi Pemilu 2019 berbeda dengan Pemilu 2014. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada warga Gunungkidul untuk tetap damai dan mudah terprovokasi.

“Pemicu kerusuhan akan menjadi perhatian khusus kami dalam mengamankan jalanya Pemilu. Jika ada yang melanggar tetap kami proses sesuai dengan jalur hukum,” pungkas Ahmad. (Bayu)

Related Post