Pembangunan Kantor Klasis Gunungkidul Jalan Terus

392 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Setelah adanya hasil keputusan dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), pembangunan kantor Klasis GKJ berjalan mulus.

Pembangunan gedung untuk kantor Klasis GKJ Gunungkidul yang sempat terhenti adanya keberatan kelompok masyarakat mengatasnamakan warga Desa Grogol Kecamatan Karangmojo kini sudah mendapat titik terang. Kini pihak pengurus Klasis GKJ Gunungkidul sudah bisa menggunakan lahannya untuk rencana pembangunan kantor sekretariat.

“Saudara kita umat kristen ini silahkan kalau mau melanjutkan pembangunan gedung kantor Klasis di Grogol Kami dukung,” kata Aktivis Forum Lintas Iman (FLI) Kabupaten Gunungkidul, FX Endro Tri Guntoro, Kamis (28/12).

Pernyataan tersebut diungkapkan Endro, setelah dirinya berkomunikasi dengan pihak klasis dan memperoleh hasil final dengan keluarnya keputusan hukum mengikat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Yogyakarta dan dikuatkan hasil tahap banding PTUN Surabaya.

“Semuanya sudah clear, keputusan bersifat mengikat dan menjadi keputusan hukum yang harus dihormati bersama,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengurus Klasis GKJ Gunungkidul kini tidak perlu takut dan ragu-ragu untuk melanjutkan pembangunan kantor klasis.

Munculnya penolakan warga mengatasnamakan masyarakat Grogol atas rencana pembangunan kantor Klasis, lanjut Endro, murni disebabkan karena miss-informasi kelompok kecil masyarakat yang mengira kegiatan peletakan batu pertama lalu menandai akan adanya pembangunan tempat ibadah.

“Keberatan warga ini berujung terrhentinya aktivitas pembangunan dan berlanjut masalah hukum antara Pemkab Gunungkidul dengan pihak pengurus Klasis Gunungkidul di PTUN Yogyakarta,” jelasnya.

Hasilnya, imbuh Endro, penggugat dimenangkan hakim PTUN. Tergugat menyatakan banding ke PTUN Surabaya. Namun demikian tidak merubah keputusan hukum.

“Pemkab Gunungkidul tetap dinyatakan kalah karena berbagai persyaratan yang telah dimiliki pihak GKJ sudah lengkap,” tutup Endro. (Bayu)

Related Post