Pembudidaya Mulai Lirik Ikan Sidat

1103 views
 

Ilustrasi.net

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Pengusaha ikan air tawar di Kabupaten Gunungkidul mulai mencoba membudidayakan ikan Sidat jika dibandingkan dengan ikan lele.Para pengusaha beranggapan ikan sidat memiliki nilai jual yang lebih bagus.

Pemilik usaha Mina Agung, Sugiyatno mengatakan, ikan sidat memiliki nilai jual yang lebih bagus jika dibandingkan dengan ikan lele.Selain itu harga bibit ikan sidat jauh lebih murah.”Untuk bibit ikan sidat ukuran 12 cm seharga Rp2.500 per ekornya, dibandingkan dengan bibit ikan lele yang dihargai hanya Rp23.000 setiap kilogramnya yang berisi 20- 30 ekor lele remaja,” katanya.

Sugiyatno menjelaskan sudah menyediakan satu kolam ikan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat budidaya ikan sidat.”ketertarikan untuk membudidayakan sidat muncul karena sayamengikuti perkembangan pasar, bahwa sidat sudah mulai menjadi primadona baru di kalangan dunia perikanan,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang, hartadi mengaku belum tertarik untuk membudidayakan ikan sidat yang mirip jenis belut tersebut. Sebagai pembudidaya pemula, ia lebih memilih untuk merawat lele dibandingkan ikan lainnya.”Karena perawatan lele jauh lebih mudah,” tutupnya.(Maya)

 

Related Post