Pemda DIY Kucurkan Bantuan Untuk Puluhan Pokdarwis

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Sejak pemerintah melonggarkan kebijakan PPKM di DIY, Aktivitas wisata mulai kembali dibuka.

Namun, peningkatan kunjungan rupanya belum dirasakan secara langsung oleh desa wisata (deswita) di Kabupaten Gunungkidul.

Dispar Gunungkidul pun berupaya agar seluruh deswita kembali aktif.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan hampir seluruh deswita masih lesu dari aktivitas kunjungan wisata.

Pemerintah pun terus berupaya keras agar deswita kembali bangkit.

“Di Nglanggeran masih belum menerima tamu menginap, sehingga aktivitas Deswita belum kembali normal,” kata Harry, Senin (06/12/2021).

Menurutnya, para pengelola deswita pun juga masih belum berani untuk membuka operasional secara penuh karena masih dalam situasi pandemi.

Oleh sebab itu, guna mendongkrak semangat para pelaku kepariwisataan, pemerintah melalui Pemda DIY memberikan bantuan dana yang bertujuan untuk reaktivasi deswita, termasuk mendukung pemenuhan syarat wisata di masa pandemi.

Harry menjelaskan pemenuhan syarat seperti sertifikat CHSE saat ini menjadi sangat penting.

“Bantuan ini disalurkan pada 72 kelompok sadar wisata (pokdarwis). Nilai bantuannya mulai Rp 25 juta hingga Rp 35 juta,” pungkasnya. (Byu)

  • Share
Exit mobile version