Pemkab Dituding Belum Memiliki Rencana Dan Perbaikan

248 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul menyoroti Pemerintah kabupaten Gunungkidul lantaran belum mempunyai perencanaan perbaikan guna menciptakan dengan lebih baik.

Ketua Komisi C, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul, Purwanto mengatakan saat ini Pemkab belum memiliki perencanaan dan perbaikan.

“Proses pembangunan jalan agar lebih sistematis, kalau dilihat kondisi jalan Gunungkidul masih banyak yang rusak harus ada konsep yang jelas,” katanya, Minggu (20/1/2019) ucapnya.

Terkait dengan perencanaan program ia mencontohkan Kabupaten Magetan, yang berada di Jawa Timur yang telah memiliki grand desain pembangunan jalan bertipe hotmix sepanjang 5.025 kilometer.

“Gak tanggung-tanggung dana yang dibuthkan Rp 1,5 trilliun, dan program ini sangat bagus karena ada kejelasan sasaran pembangunan,” ungkapnya.

Namun menurutnya saran dari pihaknya hingga saat ini belum terrealisasi.

Ia mengakui untuk pembiayaan yang begitu besar tidak dapat ditanggung sendiri.

“Tapi itu bukan halangan pemkab bisa mengajukan bantuan ke pemerintah provinsi bahkan pusat. Pembangunannya juga tidak sekaligus tetapi bertahap,” imbuhnya.

Menurutnya dengan adanya grand desainprogram pembangunan jalan akan lebih sistematis.

“Perbaikan jalan yang bersifat on the spot pemkab harus punya tim reaksi cepat, jadi tugas tim ini bersiaga jika ada laporan jalan rusak dapat langsung bergerak dan memperbaiki,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Pemeliharaan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana, mengatakan jalan di Gunungkidul anjangnya hampir 1200an kilometer, dan hampir 60 persen jalan yang ada mengalami kerusakan.

“Banyak jalan yang rusak dan kerusakan tersebut disebabkan salah satunya faktor alam sehingga kondisi inilah yang perlu diperhatikan,” paparnya. (G1)

 

Related Post