Pemkab Gelar Vaksinasi Di Tempat Wisata, Respon Masyarakat Meningkat

  • Share

GunungkidulPost.com – PATUK – Dalam rangka upaya percepatan vaksinasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggendeng sejumlah Pengelola wisata hingga swasta sebagai tempat vaksinasi Covid19.

Hal itu seperti yang ada di tempat wahana wisata Terbesar di Kapanewon Patuk, HeHa Sky View.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan pihaknya telah menjalani kerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan pengelola wisata untuk dijadikan tempat vaksinasi.

Selain mendapat vaksin Covid-19 secara gratis, menurut Dewi masyarakat juga bisa menikmati suasana berbeda saat mengikuti vaksinasi.

“Secara bersamaan, promosi wisata unggulan Gunungkidul juga dilakukan.
Satu di antara yang digandeng Pemkab Gunungkidul untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 adalah Heha Sky View,” jelas Dewi ditemui pada Senin (19/07/2021).

Dewi menuturkan, kepan kerjasama seperti ini akan terus dilakukan, selain destinasi wisata juga di destinasi wisata religi.

“Vaksinasi sudah menyentuh 26 persen warga sasaran. Kami harap dengan dipilihnya tempat wisata sebagai tempat vaksinasi akan menjadi daya tarik masyarakat dan menjadi minat untuk mengikuti vaksinasi,” tuturnya.

Sementara itu, Manajer Utama HeHa Sky View Aprio Rabadi mengatakan pihaknya juga menjalin kerjasama dengan Puskesmas Patuk untuk vaksinasi hari ini.

“Sasaran kami warga Patuk, Gunungkidul, serta DIY,” ucap Rio.

Pihaknya menargetkan 500 warga sasaran sesuai dosis yang disediakan hari ini.
Rinciannya 300 dosis untuk warga Patuk, 100 dosis untuk warga Gunungkidul, dan 100 dosis untuk warga DIY.

Dia mengatakan penentuan kuota tersebut didasarkan pada KTP warga saat pendaftaran. Pegawai hingga aparat pun dilibatkan untuk memastikan proses vaksinasi bebas dari kerumunan.

“Kami menilai kerjasama vaksinasi ini juga berdampak positif bagi sektor wisata,” ungkapnya. (Byu)

  • Share