Pemkab Masih Kesulitan Kembangkan Geopark Gunungsewu

180 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul masih mengalami kendala dalam pengembangan kawasan Geopark Gunungsewu. Hal itu lantaran banyak geosite yang berada dalam lahan perorangan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, ada beberapa geosite yang status kepemilikannya dimiliki oleh personal, seperti Geosite Lembah Bengawan Solo Purba yang bertempat di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo.

“Ada lagi Geosite yang berada di Pantai Siung ke timur Kecamatan Girisubo. Hal tersebut terjadi karena warisan bumi berada pada lahan perorangan. Untuk itu, kami mengalami kendala dalam pengembangannya,” katanya, Jumat (29/3/2019) kemarin.

Karena ada beberapa geosite yang kepemilikannya dimiliki personal maka pemerintah kabupaten tidak bisa melarang masyarakat yang menjual atau mendirikan bangunan pada area tersebut.

“Tetapi memang ada peraturann yang harus dipatuhi dan diperhatikan seperti tidak diperbolehkan untuk merusak kawasan geosite dan juga tidak diperbolehkan dijadikan sebagai kawasan tambang karena dari sisi tata ruang tidak sesuai,” paparnya.

Menurutnya, geopark tidak anti investasi, asalkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sampai saat ini belum ditemukan kegiatan yang menyimpang oleh masyarakat berkaitan dengan menjaga kawasan geopark. (red)

Related Post