Pemkab Resmikan Gedung Perpustakaan Baru

  • Share
Peresmian Gedung Baru Perpustakaan Daerah. (Foto: GKPost)

GunungkidulPost.com – WONOSARI -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah (Perpusda) pada Selasa (25/01/2022).

Peresmian dihadiri Bupati Gunungkidul Sunaryanta hingga Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, Anggota Komisi X DPR RI My Esti Wijayati, dan Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, SE.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gunungkidul, Ali Ridlo mengatakan pembangunan Gedung Perpusda ini mengandalkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Sumbernya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan, subbidang perpustakaan daerah 2021 lalu sebesar Rp 10 miliar,” kata Ali.

Menurutnya, pembangunan Gedung Perpusda sudah rampung dan diserahterimakan pada 15 Desember 2021 lalu.

Adapun peresmian secara simbolis dilakukan hari ini dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Ali berharap keberadaan Gedung Perpusda ini nantinya bisa meningkatkan apresiasi terhadap insan hingga komunitas masyarakat pemerhati literasi. Terutama dalam mendukung pengembangan budaya membaca.

“Semoga kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi juga meningkat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando menilai Gedung Perpusda Gunungkidul ini sebagai wujud keberpihakan pusat pada daerah. Khususnya dalam upaya peningkatan literasi.

Menurutnya, peningkatan literasi ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Sebab ia ingin agar ada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya lewat literasi.

“Harapan kedepan supaya ada peningkatan SDM dan kualitas pendidikan,” paparnya.

Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, SE terus mendorong upaya pemerintah dalam memfasilitasi kebutuhan masyarakat seperti halnya, Perpusda. Melalui alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat yang dikucurkan sampai ke daerah dirinya berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Perlu diketahui bahwa Bantuan Gedung Baru Perpustakaan ini berkat dukungan DPR RI sebesar Rp 10 Miliar. Sedangkan di Tahun ini sebesar Rp 500 jt. Dan 2023 mendatang dari Bu Esti yang menjanjikan 2 ambulan untuk Gunungkidul. Oleh karena itu, kami juga mengucapkan terimakasih kepada kader PDI perjuangan dan Srikandi PDI Perjuangan Dapil DIY My.Esty Wijayati,” paparnya. (Byu)

  • Share
Exit mobile version