Pemkab Siapkan Tenaga Medis Untuk Rumah Sakit Saptosari

207 views
 

Gunungkidulpost.com – Saptosari – Pemkab Gunungkidul segera menyiapkan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) khususnya tenaga medis. Hal itu dilakukan seiring dengan hampir usainya pembangunan rumah sakit tipe D di Kecamatan Saptosari.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka, mengatakan persiapan pemenuhan SDM tenaga medis mulai dilakukan pada awal Desember 2019. Dalam waktu dekat Dinkes bakal menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait pemenuhan SDM tersebut. Pemenuhan SDM berasal dari unit pelaksana teknis daerah (UPTD) seperti puskesmas, RSUD Wonosari hingga Dinas Kesehatan. Tak hanya itu, pengisian tenaga medis juga berasal dari usulan CPNS dan tenaga kontrak.

“Untuk pemenuhan SDM inti melalui penempatan SDM dari Dinkes, puskesmas dan RSUD Wonosari. Untuk pengisian formasi usulan CPNS dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah [BKPPD] dan kekurangannya melalui penambahan tenaga kontrak setelah RSUD Saptosari ditetapkan sebagai badan layanan umum daerah [BLUD],” kata Priyanta, Minggu (1/12/2019).

Menurut Priyanta, pemenuhan SDM rencananya dilakukan melalui tiga proses, baik untuk pemenuhan tenaga medis maupun nonmedis. Untuk pembangunan fisik tahap akhir hingga saat ini masih terus dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul.

“Dalam waktu dekat, dilakukan pengecekan bersama pihak terkait guna memastikan pendistribusian pemenuhan awal alat kesehatan (alkes) untuk rumah sakit ini,” ucapnya.

Priyanta menjelaskan pengadaan alat kesehatan untuk RSUD Saptosari dilakukan secara bertahap dengan anggaran Rp12 miliar. Saat ini, diakuinya, untuk pemenuhan alkes tidak menemui kendala yang berarti, sehingga kebutuhan telah sesuai dengan harapan.

“Semua tingga menunggu dan semoga bisa segera lancar dan tak ada kendala apapun,” paparnya. (Yup)

 

Related Post