Pemkab Tetapkan 9 Kawasan Tambang

1169 views
image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menetapkan sembilan kawasan peruntukan  pertambangan (KPP).

Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya aktivitas penambangan liar di Gunungkidul.

Ke sembilan wilayah tersebu diantaranya adalah KPP Playen, KPP Gedangsari, KPP Patuk-Nglipar; KPP Karangmojo-Nglipar-Wonosari, KPP Semin-Ngawen, KPP Panggang, KPP Tepus; KPP Semanu, KPP Ponjong-Semanu Selatan-Paliyan, dengan mayoritas tambang batu putih atau kapur.

“Ada sembilan kawasan untuk usaha eksplorasi pertambangan. Jadi di luar kawasan itu tak boleh ada aktivitas pertambangan,” ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul,  Khairudin, Rabu(22/2/2017) kemarin.

Menurutnya, selama ini baru sebanyak empat perusahaan pertambangan yang sudah mengajukan izin lingkungan untuk melakukan ekplorasi tambang batu putih atau batuan kapur. Mereka mengajukan izin untuk pertambangan batu kapur di KPP Ponjong-Semanu Selatan-Paliyan.

“Empat perusahaan tersebut adalah PT Aninda Mitra Internasional, PT Caldomil, Parmo, dan terakhir CV Empat Jaya,” bebernya.

Khairudin menghimbau pada seluruh perusahaan yang belum mengajukan perijinan untuk segera mengurus. Lantaran hal itu sangatlah penting bagi legalitas perusahaan.

“Harapan kami semua perusahaan sudah mengkantongi ijin,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post