Pemohon SKTM Mbludak, Personil Petugas Ditambah

238 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh dinas Sosial kabupaten Gunungkidul mulai diburu ribuan warga.

Dengan surat ini diharapkan bisa mendapatkan sekolah yang diinginkan dengan memanfaatkan kuota 20 persen siswa kurang mampu.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul Subarno mengatakan setiap hari rata-rata 500 orang mencari SKTM di dinas sosial sejak hari senin (25/6/2018) lalu.

Adapun syarat memperoleh SKTM diantaranya Kartu Keluarga, Surat Kelulusan, hingga kepemilikan Kartu Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera. Jika tidak memiliki salah satu kartu, warga masih bisa memperoleh SKTM, asalakan pemohon masuk Basis Data Terpadu dari Kemensos.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk syarat SKTM,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (29/6/2018) kemarin.

Dia mengatakan, pihaknya melakukan penambahan petugas dipelayanan yang biasanyan 4 orang menjadi 12 orang. eningkatan cukup signifikan pencari SKTM. SKTM oleh warga dijadikan syarat untuk mendaftar sekolah melalui jalur khusus. Yakni, kuota 20% untuk siswa miskin di dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK.

“Luar biasa antusiasme warga untuk mendapatkan SKTM, karena ingin sekolah yang diinginkan. Tetapi bagi yang nilainya bagus kami rekomendasikan untuk tidak membuat karena kasihan dengan siswa kurang mampu,” ungkapnya.

Semenatar itu, salah seorang pembuat SKTM Linawati mengaku, hari jumat merupakan hari terakhir sehingga diperkirakan hari ini paling banyak.

“Mungkin karena hari terakhir mereka datang hampir bersamaan,”ucapnya. (G1)

 

Related Post