Pemuda Belia Tertangkap Basah Copot Bendera PDI Perjuangan

Gunungkidulpost.com – KARANGMOJO –  Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Kabupaten Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih menyayangkan aksi pencopotan sejumlah bendera partai yang dilakukan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kami mendapati laporan adanya dugaan aksi pencopotan bendera partai yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, ” Kata Endah sapaan akrab Endah Subekti Kuntariningsih kepada Gunungkidulpost, Minggu 3 Desember 2023.

Endah menjelaskan, penertiban alat peraga kampanye hanya boleh dilakukan oleh penyelenggara pemilu.

“Termasuk juga aparat yang ditugaskan, baik panwas ataupun salpol PP, ” Jelas Endah

Menurut Endah, penyelesaian konflik di lapangan diselesaikan melalui mekanisme yang sudah ada, sehingga warga tidak perlu melakukan aksi pencopotan bendera.

“Jadi warga masyarakat tidak diperkenankan untuk meminimalisasi konflik dilapangan,” Jelas Endah.

Endah juga menyayangkan, adanya aksi pencopotan bendera yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab dan justru membuat pesta demokrasi tidak nyaman.

“Untuk apk disarankan untuk dipasang sesuai dengan peraturan yang berlaku,” Tutup Endah.

Diketahui bahwa oknum pencopotan bendera dilakukan oleh sekelompok pemuda milenial pada Minggu dini hari. Aksi para pemuda tersebut diketahui warga setempat, lalu oleh warga dikejar dan terjadi peristiwa kejar-kejaran.

Salah satu orang tertangkap yang lain berhasil melarikan diri.

Dari keterangan salah seorang pemuda mengaku melakukan pencopotan bendera atas inisiatifnya sendiri. Dia pun lalu dipaksa untuk menelepon temannya yang melarikan diri hingga berhasil diamankan oleh warga semua pemuda belia tersebut.

Kini peristiwa tersebut telah diselesaikan secara kekeluargaan mengingat pemuda belia ini sebagian besar masih dibawah umur. (Kis)