Pengawasan Pupuk Bersubsidi Diperketat

464 views
image

Salah seorang warga mengamati stok pupuk bersubsidi di Gudang Pupuk, Padukuhan Jeruksari, Desa Wonosari. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk mengantisipasi penumpukan maupun peredaran pupuk palsu, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul kini memperketat pengawasan terhadap distribusi pupuk bersubsidi.

Hingga saat ini dinas telah membentuk tim khusus pengawasan dan peredaran pupuk di wilayah Gunungkidul.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan saat ini pihaknya benar-benar fokus untuk mengawasi distribusi pupuk bersubdisi.

“Kami saat ini memang sudah membentuk tim pengawas pupuk bersubsidi di tingkat kabupaten,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (2/10/2017).

Pihaknya juga secara berkala melakukan rapat evaluasi terkait dengan serapan pupuk bersubsidi di setiap kecamatan. Berdasarkan data saat ini serapan pupuk bersubsidi sudah mencapai 30%, sementara 70% sisanya saat ini masih disimpan di gudang penyimpanan pupuk di Desa Jeruksari,

Dia berharap pada Oktober ini, petani sudah mulai menebus pupuk sehingga tidak terjadi penumpukan yang signifikan.

“Kalau penumpukkan sejauh ini tidak ada, karena pada Agustus-September kemarin kami sudah mulai menganjurkan petani untuk menebus pupuk. Sehingga pada awal musim hujan Oktober-November tidak menumpuk,” ucap Bambang.

Terpisah, Kepala Gudang Pupuk Lini III, Jeruksari, Kecamatan Wonosari, Rohmat Rudiyanto mengatakan untuk saat ini stok pupuk di gudang masih aman. Selama ini kata dia tidak terjadi penumpukan stok, lantaran para distributor yang telah mendapatkan jatah dari Dinas Pertanian dan Pangan secara berkala langsung mengambil di Gudang setiap bulan.

“Sudah ada tim khusus untuk memantau peredaran pupuk. Dan untuk Gunungkidul aman dari dan tak ada penumpukan pupuk,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post