Pengelolaan Obyek Wisata Gunung Gentong Masih Ngambang

404 views
 

Gunungkidulpost.com – Gadangsari – Pengelolaan obyek wisata Gunung Gentong di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari selama ini masih dinilai mengambang.

Pasalnya, pihak pengelola atau sering disebut kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat belum memiliki payung hukum yang jelas. Sehingga pengelolaan selama ini masih dalam taraf belum maksimal.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh seorang perintis obyek wisata Gunung Gentong Badri.

Menurut dia, sejauh ini pengelolaan masih rancu sehingga berkesan belum maksimal.

“Kalau di desa pokdarwis ini sudah terdaftar namun hanya sebatas lingkup desa. Kami ingin dinas pariwisata memperhatikan keberadaan pengelola Gunung Gentong ini sehingga benar-benar terkonsep seperti pokdarwis lainnya,” kata Badri, Kamis (15/11/2018) kemarin.

Pihaknya berharap, kepada pemerintah desa dan masyarakat desa sekitar obyek wisata duduk bersama untuk mewujudkan visi misi miningkatkan pariwisata yang ada di Desa Ngalang.

“Kami berharap pemdes segera membuat perdes guna. Sehingga lebih kuatnya tentang aturan dan tata pengelolaan obyek wisata Gunung Gentong,” paparnya.

Disinggung mengenai bantuan dari pihak terkait, Badri mengaku selama ini baru mendapatkan fasilitas seperti gazebo, MCK dari Dinas Pariwisata DIY.

Program latihan berupa pemandu wisata selama ini belum mendapatkan palatihan tersebut

“Untuk sementara baru dinas Pariwisata DIY yang memberikan bantuan berupa fasilitas. Itu pun masih sangat minim,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono membenarkan bahwa Pokdarwis Gunung Gentong belum masuk dalam daftara yang legal didinas. Namun pihaknya akan terus mendorong perkembangan obyek wisata 4 G tersebut.

“Memang belum akan tetapi kami terus mendorong perkembangan obyek wisata tersebut,” pungkas Hary. (G2)

 

Related Post