Pengisian Perangkat Desa Tak Harus Seleksi

636 views
 

Pelaksanaan Ujian Perangkat Desa Pucung. (Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pengisian perangkat desa tidak harus menggunakan seleksi. Menindak lanjuti hal itu Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengumumkan pengisian perangkat desa tidak harus menggunakan seleksi sebagai tidak lanjut Permendagri Nomor 83/2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunung Kidul M Farkhan mengatakan, adanya Permendagri Nomor 83/2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat maka pengisian perangkat desa tidak harus menggunakan sistem seleksi.

“Pengisian perangkat desa itu tidak harus menggunakan sistem seleksi karena adanya perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83/2015. Sebelumnya harus menggunakan proses penjaringan tetapi yang baru bisa menggunakan sistem mutasi,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (15/12/2017).

Penerbitan aturan tersebut pada Agustus 2017 lalu. Farkhan mencontohkan penerapan aturan itu adalah jika jabatan sekretaris desa kosong maka bisa dilakukan mutasi dari perangkat desa lain.

“Jadi jika salah satu posisi kosong bisa dilakukan pengisian dari perangkat desa yang lain. Baru setelah mutasi dilakukan penjaringan terhadap kebutuhan yang kosong,” bebernya.

Sementara Kepala Desa Pacarejo Kecamatan Semanu, Suhadi, mengaku belum mengetahui peraturan tersebut namun menyatakan siap menjalankannya.

“Kami siap menjalankan, tetapi menunggu peraturan dari pemkab,” tandas Suhadi. (Bayu)

 

Related Post