Penyelenggaraan Takbir Keliling, Bupati Dan Kemenag Angkat Bicara

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Minggu (1/5/2022) ini menjadi hari terakhir bagi umat Muslim menjalankan ibadah puasa.

Malam ini pun, tradisi takbir akan digelar menyambut Idulfitri pada besok hari.

Akan tetapi, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Gunungkidul tak menyarankan masyarakat untuk menggelar takbir keliling. Bahkan bupati Gunungkidul pun juga menyarankan untuk tidak menggelar takbir keliling.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Gunungkidul, Sa’ban Nuroni mengatakan, dirinya tak menyarankan masyarakat untuk menggelar takbir keliling.

“Sebab dalam edaran dari pusat, tidak disebutkan soal pelaksanaan takbir keliling,” kata Sa’ban pada Minggu (01/05/2022).

Dia menuturkan, mengacu pada edaran tersebut, takbir lebih disarankan untuk digelar di masjid atau musala. Atau bisa dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga inti.

Meski tak menyarankan takbir keliling, Sa’ban mengatakan pihaknya tetap melakukan antisipasi. Antara lain berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk pengamanan.

“Kami tetap mengupayakan agar situasi di masyarakat kondusif saat malam takbiran,” tuturnya.

Tidak jauh berbeda, Bupati Gunungkidul Sunaryanta pun meminta warganya untuk tidak melakukan takbir keliling. Ia berharap masyarakat mematuhi aturan yang diberikan.

“Takbir cukup dilakukan di masjid atau di rumah masing-masing saja,” katanya. (Ant)

  • Share
Exit mobile version