Perbankan Ajak Murid SMP Ikut Gerakan Indonesia Menabung

79 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Perbankan mengajak para siswa setingkat SMP/MTs di Gunungkidul mengikuti Gerakan Indonesia Menabung untuk mengajarkan gaya hidup berhemat sejak dini.

Pimpinan BPD DIY Cabang Wonosari, Plati soulistyanti manyampaikan maksud dan tujuan GIM untuk meningkatkan kesadaran pelajar adanya inklusi keuangan dan budaya menabung sejak dini kepada seluruh pelajar.

“Kita bersama 11 Bank umum untuk memberikan siswa SMP di Gunungkidul untuk gemar menabung dan memiliki tabungan satu rekening satu pelajar.” ujarnya.

Menurut Plati, GIM bermanfaat untuk membarikan edukasi keuangan tentang tabungan, mendorong budaya menabung dan pengelolan keuangan sejak dini, serta mengajarakan kemandirian keuangan.

“Tujuannya adalah membiasakan anak-anak untuk gemar menabung,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan Gerakan Indonesia Menabung adalah program pemerintah pusat dan OJK untuk mendorong palajar agar gemar menabung sejak dini. Oleh sebab itu, sekolah mempunyai peran penting untuk mendorong gerakan gemar menabung tersebut.

“Para pelajar biasa diberi uang jajan, maka akan kita biasakan di sekolah untuk menyisihkan uang mereka untuk ditabung sebagai upaya agar anak dapat hidup hemat,” tuturnya.

Bank terkait akan bekerjasama dengan sekolah untuk mensosialisaikan dan melayani para pelajar dalam menabung.

“Nantinya setiap pelajar akan memiliki satu rekening dan menabungnya tidak perlu jauh-jauh, pihak bank yang akan datang ke sekolah.” terangnya.

Bahron berharap, gerakan gemar menabung dapat bermakna dan bermanfaat bagi para pelajar kedepannya, tidak hanya sekedar menjalankan program pemerintah dan OJK saja.

“Dengan GIM anak-anak dapat terpola dengan ekonomi hemat, tertib dan teratur,” tutupnya. (Red)

Related Post