Peringatan HKN, Dinkes Gunungkidul Sabet Penghargaan Dari Kemenkes RI

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul meraih penghargaan kategori nasional dari Kementerian Kesehatan. Adapun Dinkes berhasil menyabet Peringkat Terbaik ke-2 e-Aspirasi Kategori Dinkes Kabupaten/Kota dan Peringkat Terbaik untuk Kategori Penyampaian Informasi Publik.

Penghargaan dari Kemenkes ini diberikan dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tahun 2021.

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty menyampaikan bahwa saat puncak HKN lalu, pihaknya mendapat dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Menurut Dewi, Dua penghargaan yang diberikan yaitu Peringkat Terbaik ke-2 e-Aspirasi Kategori Dinkes Kabupaten/Kota dan Peringkat Terbaik untuk Kategori Penyampaian Informasi Publik Terbaik.

“Penghargaan diberikan dalam ajang Anugerah Situs Inspirasi Sehat Indonesia 2021,” kata Dewi, saat menggelar puncak Peringatan HKN, di Taman Budaya Gunungkidul, Logandeng, Playen pada Selasa (16/11/2021).

Sementara itu, RSUD Wonosari sebagai rumah sakit pemerintah pun turut mendapatkan penghargaan. Yaitu sebagai Fasilitas Kesehatan dengan Alat Kesehatan Non-Merkuri dan Penghargaan Keselamatan dan Keamanan pada Radiologi-Diagnostik.

Dewi mengatakan deretan penghargaan tersebut menjadi kebanggan tersendiri tersendiri di masa pandemi. Menurutnya, semua itu tak lepas dari kerja keras seluruh pihak, khususnya di bidang kesehatan.

“Terutama dukungan dari Bupati Gunungkidul yang selalu diberikan dalam penanganan COVID-19,” paparnya.

Disinggung mengenai kasus COVID-19 di Gunungkidul, Dewi mengaku sempat mencatatkan hanya 5 kasus aktif pada Senin (15/10/2021). Jumlah kasus konfirmasi positif pun terus melandai.

Meski demikian, ia tetap berharap masyarakat tidak lengah karena potensi penularan COVID-19 masih tetap ada. Apalagi saat ini sudah mendekati masa libur akhir tahun.

“Kita harus tetap siap menghadapi berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi dan harapannya wabah ini segera sirna,” ungkapnya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, terkait penghargaan yang diterima Dinkes, ia berpesan agar peran hingga kerja nyata terus diberikan untuk sektor kesehatan. Terutama dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.
Dirinya juga meminta masyarakat tetap menegakkan protokol kesehatan (prokes).

“Saya berharap kedepan segera mencatatkan nol kasus aktif,” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengapresiasi atas perolehan penghargaan yang berhasil disabet Dinkes dari Kementerian Kesehatan RI. Dirinya pun berharap, dengan raihan prestasi tersebut akan mendongkrak pelayanan publik dibidang Kesehatan.

“Selamat dan sukses untuk Dinkes, semoga terus meningkat kinerja untuk terus melayani masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan,” tutupnya. (Bayu)

  • Share
Exit mobile version