Peringati Hari Ikan Puluhan Ahli Masak Beradu Resep Makanan

183 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Puluhan ibu-ibu Poklasar mengikuti lomba masak olahan ikan dengan Sekda Gunungkidul guna memperingati Hari Ikan Nasional yang ke-6, Jumat (24/10/2019).

Hal itu digelar guna meningkatkan minat gemar makan ikan laut yang kaya akan protein yang dapat mencerdaskan masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Krisna Berlian mengatakan jumlah konsumsi ikan di Gunungkidul ada diangka 21 kg/kapita per tahun.

“Tingkat konsumsi sudah meningkat dari tahun lalu, tapi memang hanya sedikit,” akunya.

Krisna menuturkan tujuan diadakannya lomba masak tersebut salah satunya untuk mendongkrak minat masyarakat untuk gemar makan ikan.

“Protein dalam kandungan ikan laut itu sangat tinggi, maka baik sekali untuk pemenuhan gizi terutama untuk kecerdasan,” terangnya.

Lanjut Krisna, pada lomba masak tersebut dikuti oleh Kelompok Pengolah Pemasar Ikan (Poklasar) dan akan memperubutkan kejuaraan.

“Kita juga menghadirkan Setda Gunungkidul, Drajat Ruswandono yang pada kesempatan ini memasak ikan bakar dan soto seafood,” katanya.

Sementara itu, Bapati Gunungkidul, Badingah memaparkan potensi hasil tangkapan ikan laut di Gunungkidul sangat tinggi. Hal itu sangat baik untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dan juga dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi masyarakat Gunungkidul.

“Hasil ikan laut di Gunungkidul sangat melimpah, tetapi masyarakat masih belum begitu optimal dalam mengkonsumsi ikan. Maka dengan adanya kegiatan memasak olahan ikan ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih gemar makan ikan,” paparnya.

Salah satu Poklasar, Pratiwi dan Sri Marjono mengatakan bahwa kandungan ikan laut yang sangat tinggi protein dan omega 3 dapat memenuhi kebutuhan gizi.

“Kita memasak Ikan terbang dengan wijen dan filet sate ikan, yang berbahan dasar ikan kakap. Kita kreasikan olahannya supaya lebih menarik untuk dimakan,” ucapnya.

Pratiwi mengaku kegiatan tersebut selain untuk mengkampanyekan gerakan gemar makan ikan, juga dapat memicu para ibu-ibu untuk lebih kreatif mengolah ikan.

“Sangat senang dengan adanya kegiatan memasak olahan ikan, kami harap sering diadakan kegiatan semacam ini,” tutupnya. (Falentina)

Related Post