Peringati Hari Keistimewaan SLB Gelar Kirab Budaya

213 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk memperingati hari keistimewaan Yogyakarta, Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Wonosari menggelar pawai budaya keliling dengan menggunakan pakaian adat jawa dan diiringi dengan gamelan sederhana.

Kepala sekolah SLB N 1 Wonosari, Widi Pranyata mengatakan, kegiatan ini untuk memotivasi anak dan juga memberikan pengalaman baru ke siswa bagaimana rasanya memakai pakaian adat, dan bagaimana cara berjalan menggunakan pakaian adat.

“Kegiatan pawai budaya seperti ini sudah kami lalukan secara rutin setiap tahunnya,” kata Widi,Jumat,(31/8/2018).

Widi mengatakan, pihak sekolah selama ini telah memberikan ekstrakulikuler seperti reog dan gamelan untuk melestarikan kebudayaan meski ada beberapa kendala mengingat yang diajarkan adalah siswa berkebutuhan khusus.

“Dalam melatih siswa berkebutuhan khusus memang harus bersabar dan telaten karena kemampuan siswa berbeda-beda,” ujarnya.

Lebih lanjut Widi menjelaskan, siswa dengan tuna grahita harus diajarkan terus menerus agar mereka dapat menghafal, lalu siswa tuli mereka tidak mampu mendengar tetapi harus memahami tangga nada.

SLB N 1 Wonosari juga telah menanamkan karakter cinta budaya, dengan tujuan budaya Yogyakarta tidak luntur. Pendidikan karakter seperti mengajarkan salam, sapa sebelum masuk kelas, berdoa sebelum melakukan aktifitas juga diajarkan.

Sementara itu, salah satu murid SLB N 1 Wonosari, Cintya Larasati mengaku, dia sangat senang dengan kegiatan yg dilakukan pada hari ini.

“Senang sekali karena bisa berjalan keliling bersama teman-teman menggunakan kebaya,” ucapnya. (Santi)

Related Post